3 Tips Hilangkan Iri Dengan Keberhasilan Rekan Kerja
Siker.id | 14 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap orang pasti pernah memiliki rasa iri, apalagi jika melihat salah satu rekan kerja nya berhasil mencapai sesuatu, entah itu tentang pencapaian target, reward, atau promosi jabatan. Berusahalah untuk menghilangkan perasaan tersebut, agar rasa iri itu tidak memengaruhimu dalam pekerjaan dan interaksi dengan rekan kerjamu.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa iri kamu.

Baca juga : 3 Cara Untuk Menjadi Seorang Programmer

1. Renungkan kembali dalam hati

Sifat iri hati memanglah sebuah hal yang wajar terjadi pada beberapa karyawan. Namun, berusahalah untuk mengendalikannya agar gak berlebihan, apalagi iri melihat keberhasilan rekan kerja sendiri. Oleh karena itu, renungkanlah kembali mengapa kamu harus merasa iri padanya?

Tanyakan pada diri, tentang apa saja kekurangan yang harus diperbaiki lagi. Jangan lupa juga untuk tetap realistis, apabila ternyata memang kamu belum mampu melakukan hal yang sama seperti rekan kerjamu, maka akui saja hal tersebut. Jangan malah memaksakan diri.

2. Berhenti membandingkan diri dengan rekan kerja yang lain 

Tips selanjutnya, yaitu berhenti membandingkan diri dengan rekan kerja yang lain. Belajarlah untuk bersyukur dan menghargai segala kemampuan yang kamu miliki. Kembangkanlah lagi kemampuanmu itu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : 3 Tips Hindari Keadaan Planning Fallacy

Kesuksesan setiap orang itu berbeda-beda, kamu saat ini sedang menuju ke arah suksesmu sendiri. Jadi, sangat tidak bijak jika kamu membandingkannya dengan orang lain. Hal tersebut dikarenakan setiap orang memiliki kriteria keberhasilan yang berbeda. Fokuslah saja pada tujuan yang ingin kamu capai.

3. Hindari lingkungan pertemanan yang negatif 

Penting untuk kamu memilih lingkungan perteman yang positif. Bukan bermaksud membeda-bedakan, hal ini dilakukan agar kamu gak terpengaruh oleh sikap negatif mereka. Apalagi rekan kerja yang memang selalu merasa iri melihat keberhasilan orang lain. Jika kamu bergabung dengan lingkungan mereka, pasti pikiran dan perasaanmu akan seperti mereka juga.

Kendalikan dirimu, jika sedang merasa iri, maka kamu akan mudah terpancing ketika ada rekan kerja yang membicarakan hal-hal negatif tentang teman yang berprestasi tersebut. Lingkungan pertemanan sangat berpengaruh dalam caramu berpikir dan bertindak saat melihat keberhasilan orang lain. 

Nah, itulah dia beberap tips untuk menghilangkan rasa iri kamu terhadap keberhasilan rekan kerjamu, belajarlah untuk selalu bersyukur dan meningkatkan kualitas pekerjaanmu. Sekian artikel ini menjelaskan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Cari Kerja di Lingkungan Sehat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar