Kenali 4 Penyebab Turnover Karyawan Meningkat
Siker.id | 12 May 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi karyawan meninggalkan kantor (freepik/siker.id)

siker.idTurnover karyawan merupakan aktivitas pergantian karyawan suatu perusahaan yang disebabkan oleh berbagai faktor penentu terjadinya perpindahan karyawan tersebut baik secara sukarela ataupun tidak. Ada banyak alasan mengapa hal tersebut menjadi hal yang merugikan.

Misalnya jika karyawan dari suatu perusahaan banyak mengundurkan diri, maka perusahan tersebut perlu melakukan proses rekrutmen kembali untuk menggantinya. Hal ini tentu akan membuang-buang waktu dan biaya.

Nah, untuk menghindari tingginya turnover karyawan, maka mari kita kenali dahulu penyebabnya dibawah ini.

Baca juga : 3 Penyebab Anggota Tim Malas Berkontribusi

1. Pekerjaan yang tidak manusiawi

Data menyebutkan bahwa sekitar 70% pekerja merasa bahwa beban kerja mereka lebih banyak daripada waktu kerjanya. Kondisi ini, bila berlarut-larut, bukannya memotivitasi pekerja justru membuat mereka mundur dari perusahaan tersebut.

Maka dari itu, perusahaan perlu membagi rata kerja para karyawannya agar produktivitas meningkat tanpa memberatkan salah seorang atau divisi tertentu. Survei secara berkala tentang pendapat karyawan terhadap pekerjaan mereka bisa menjadi upaya pencegahan yang bagus.

2. Mendapat tawaran gaji yang lebih baik

Sekitar 25% karyawan akan meninggalkan pekerjaan mereka bila ada tawaran gaji lebih tinggi di tempat lain. Jadi, bila banyak karyawan di perusahaan kamu yang mengundurkan diri, coba cek berapa gaji yang diberikan.

Bandingkan dengan kualitas dan pengalaman kerja yang ia punya dan lihat juga bagaimana industri lain membayar gaji karyawan dengan kapasitas tersebut. Memiliki indikator penilaian kinerja yang tepat dapat menjadi kunci mengatasi masalah ini.

Baca juga : 3 Penyebab Perlakuan Tidak Adil di Tempat Kerja

3. Tidak ada kesempatan untuk berkembang

Bila perusahaan kamu tidak menyediakan sesuatu yang berarti bagi karyawan, membuatnya berkembang, tentu bukan hal mustahil bila mereka pergi. Salah satu poin penting disini adalah meningkatnya ilmu atau kualitas diri hingga jenjang karir.

Bila hal ini yang terjadi pada perusahaanmu, coba adakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan diri karyawan. Misalnya, workshop atau pelatihan tentang bidang kerjanya.

4. Karyawan tidak mendapat pengakuan

Setiap karyawan menginginkan hasil kerja keras mereka untuk perkembangan perusahaan diakui dan diapresiasi bukan? Alasan ini kerap dirasakan oleh pekerja wanita. Penelitian menemukan bahwa di sebagian besar industri pekerja wanita mendapat pengakuan yang lebih rendah dibanding pria atas pencapaian di tempat kerja.

Itulah dia beberapa penyebab kenapa turnover karyawan mengalami sebuah peningkatan di perusahaan. Cobalah untuk memberikan reward atau sedikit waktu berbaur dengan karyawan, ajak mengobrol agar mereka merasa dihargai akan pekerjaan, keberadaan dan kenyamanan terhadap lingkungan serta bos mereka.

Sekian artikel ini menjelaskan, semoga dapat membantu dalam mencegah adanya turnover. Terima kasih.

Baca juga : 3 Penyebab Masa Depan Karir Tidak Menentu


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar