icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Prodi Fisika, Baca Ini Yuk
Siker.id | 18 Nov 2021 18:40


Bagikan ke

siker.id- Ilmu fisika merupakan ilmu yang mempelajari objek mulai dari yang sangat kecil menggunakan mekanika kuantum hingga belajar mengenai seluruh alam semesta menggunakan relativitas.

Ilmu Fisika selalu dibutuhkan di hampir semua bagian kehidupan, termasuk perkembangan dunia modern. Namun, banyak pula calon mahasiswa yang enggan mengambil jurusan kuliah yang dianggap paling berat ini. Padahal, peluang atau prospek kerja Fisika sangat terbuka lebar lho.

Sebagai salah satu bagian dari ilmu sains, jurusan Fisika hanya bisa dimasuki oleh Kamu yang mengambil jurusan IPA saat di SMA. Jurusan ini termasuk dalam rumpun Saintek sehingga anak IPS tidak bisa masuk ke jurusan keren ini.

Selama proses perkuliahan, Kamu akan banyak belajar mengenai Fisika, mulai dari materi pengantar, teori dasar, hingga materi fisika yang belum pernah Kamu temui di bangku sekolah. Kalau Kamu benar-benar menikmati hitung-hitungan fisika, Kamu akan menyukai jurusan ini. Meskipun banyak orang yang mengatakan belajar di jurusan Fisika itu sulit dan pusing, Kamu akan tetap menikmatinya.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Administrasi Pendidikan?

Nah, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja fisika? Berikut ini ada prospek kerja yang menjanjikan untuk Kamu yang memilih kuliah di jurusan FMIPA ini.

1. Ilmuwan

Bagi kamu lulusan fisika yang suka dengan penelitian dan percobaan maka kamu bisa berkarier menjadi seorang saintis atau ilmuwan.

Seorang ilmuwan merupakan seorang profesional yang melakukan dan mengumpulkan penelitian untuk pengetahuan lebih lanjut pada suatu bidang tertentu.

Kamu akan membuat hipotesis, lalu menguji melalui berbagai cara seperti menggunakan statistika dan data untuk mendapatkan kesimpulan yang berdasarkan bukti.

2. Perusahaan Minyak Dan Gas

Kamu juga bisa berkarir di perusahaan minyak dan gas. Jika Kamu mempelajari ilmu Fisika Bumi, karir sebagai seorang peneliti bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menjadi peneliti di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki bayaran lebih besar.

3. Laboratory Technician

Teknisi laboratorium bertugas dalam membantu ilmuwan industri ketika melakukan penelitian, pengujian, dan pelaksanaan dari eksperimen.

Akan tetapi, pekerjaan ini bisa saja melibatkan sejumlah tugas teknis yang berbeda dan pastinya akan bervariasi antar pekerjaan yang dijalankan.

Sebagai teknisi lab, kemungkinan besar kamu akan selalu bekerja di laboratorium walaupun mungkin saja bekerja sendiri pada tugas tententu.

Namun, pada umumnya teknisi laboratorium akan melakukan tugas rutin yang diperlukan di dalam laboratorium untuk mendukung ilmuwan.

Dalam industri farmasi, barangkali kamu akan dipekerjakan dalam penelitian dan pengembangan atau produksi dan manufaktur.

4. Teknisi Robot

Robot saat ini sangat penting dalam membantu berbagai pekerjaan manusia yang bisa diselesaikan dengan cepat dan teliti.

Namun, pada dasarnya robot adalah mesin sehingga dibutuhkan teknisi robotika untuk membangun, memprogram, memelihara, dan memperbaikinya.

Di samping itu, teknisi robotika juga bertugas untuk membantu merancang, menguji, memasang, memelihara, memecahkan masalah, dan memperbaiki robot dan sistem kontrol dari otomasi.

5. Perusahaan Farmasi

Prospek kerja lainnya yang bisa Kamu pilih yaitu Kamu bisa bekerja di perusahaan farmasi. Kamu memiliki kesempatan bekerja sebagai bagian analis laboratorium atau penelitian di perusahaan farmasi. Kamu memiliki keahlian menggunakan alat-alat yang berbau fisika seperti X-Ray, bahan radioaktif dan lain-lain.

6. Dosen / Pengajar

Bagi kamu yang suka dengan mengajar maka kesempatan luas untuk kamu lulusan fisika yang ingin menjadi dosen maupun guru.

Sebagai lulusan fisika kamu bisa mengajar di sekolah menjadi guru fisika maupun mengajar di lembaga pendidikan.

Di samping itu, kamu bisa juga berkarier menjadi dosen perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia.

Akan tetapi, jika kamu ingin menjadi dosen di perguruan tinggi maka harus memiliki persyaratan pendidikan minimal S-2 master dan bahkan beberapa perguruan tinggi memberikan syarat minimal S-3.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Ilmu Fisika. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

 Baca juga: Peluang Kerja Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling

 


Editor: Bagus -

     

Komentar