3 Tips Mencari Informasi tentang Magang
Siker.id | 13 May 2022 08:30


Bagikan ke
cari informasi magang (siker)

siker.id - Magang adalah istilah untuk pelatihan kerja untuk mengaplikasikan teori dan ilmu yang didapat di sekolah. Biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau bahkan bisa juga para freshgraduate yang ingin menjajal pengalaman baru. Saat ini banyak perusahaan besar yang membuka kesempatan bagi para anak muda melalui program magang, lho. Kamu bisa memanfaatkannya sebelum terjun penuh menjadi profesional. Apakah saat ini kamu tengah mencari informasi magang? Berikut ini tips dalam mempraktekkannya!

Baca juga: Manfaat Adanya Program Magang Bagi Perusahaan

Identifikasi minat karier

Sebelum mencari perusahaan tempat magang, ada baiknya untuk mengidentifikasi minat karier. Putuskan apa yang kamu inginkan. Mengetahui minat karier akan memudahkanmu untuk menentukan arah kegiatan magang. Namun bila kamu belum menemukan bidang yang kamu inginkan, kamu boleh mengajukan di bidang lain secara luas. Magang adalah jalan untuk mendapat pengalaman bekerja. Apakah kamu menyukai keuangan dan investasi, aktivitas sosial atau pelayanan? Magang akan memberikanmu gambaran peluang dan kesempatan untuk mencicipi berbagai bidang baru yang menarik.

Hadiri job fair

Mungkin sebagian dari kamu berpikir job fair hanya dibutuhkan oleh para pencari kerja profesional saja. Ini sama sekali salah, karena beberapa perusahaan juga membuka kesempatan internship di acara job fair. Perusahaan papan atas ikut serta di job fair untuk menyaring dan merekrut calon pekerja magang potensial. Siapkan diri dengan CV dan resume saat menghadiri job fair, sehingga bila kamu menemukan pekerjaan magang yang cocok, kamu bisa langsung mengajukan lamaran.

Baca juga: Berikut Tips Mencari Tempat Magang yang Pas

Manfaatkan jaringan sekitar

Gak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada keluarga, teman atau dosen mengenai rencana magang. Mungkin saja perusahaan tempat mereka bekerja atau kenalan mereka membuka peluang magang. Alumni perguruan tinggi yang kamu kenal juga menjadi salah satu sumber informasi potensial. Misalnya, tanyakan apa saja persiapan yang harus kamu lakukan untuk program magang. Pastikan untuk mengucapkan terima kasih atas semua bantuan yang diberikan.

Sekian artikel tentang tips dalam mencari informasi magang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Jitu menjadi Karyawan Tetap saat Magang


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar