3 Tips Membangun Hubungan yang Profesional
Siker.id | 12 May 2022 20:30


Bagikan ke
Membangun hubungan profesional (siker)

siker.id - Pernahkah kamu merasa canggung dalam sebuah percakapan? Ini mungkin saja terjadi karena kamu belum mengenal lawan bicara atau berada dalam situasi formal, seperti misalnya pekerjaan. Padahal, sikap yang luwes dibutuhkan dalam urusan profesional untuk memudahkanmu mencapai tujuan, seperti beradaptasi di kantor, negosiasi bersama klien dan lainnya. Membangun hubungan gak selalu instan. Hubungan baik di dalam lingkup profesional membutuhkan usaha yang ekstra. Coba terapkan pola komunikasi ini untuk membangun hubungan profesional yang kuat!

Baca juga: 3 Tips Resign Biar Kelihatan Profesional

Jadilah pendengar yang baik

Pernahkan kamu terlibat percakapan dengan orang yang gak mendengarmu? Atau lawan bicara yang terus-menerus memotong obrolan tanpa memberimu kesempatan menyelesaikan omonganmu? Rasanya sangat menyebalkan, kan? Jangan pernah melakukan ini saat bertemu orang lain, terutama keperluan profesional dan pekerjaan. Tindakan semacam ini meninggalkan kesan yang gak baik untuk lawan bicara. Jika pun ada sesuatu yang ingin kamu klarifikasi, tunggu sampai dia menyelesaikan kalimatnya. Pastikan kamu memasang telinga untuk mendengarkan. Jadilah pendengar yang aktif dan perhatikan percakapan dengan saksama. Untuk bisa terlibat dalam percakapan yang bermakna, kamu harus memiliki kemampuan mendengarkan yang baik.

Perhatikan bahasa tubuh

Dalam relasi apa pun, komunikasi nonverbal sama pentingnya dengan komunikasi verbal. Isyarat nonverbal seperti gerakan tangan, ekspresi wajah, kontak mata, dan postur tubuh berpengaruh pada jalannya komunikasi. Seseorang yang terus-menerus melihat ke arah ponsel atau memalingkan muka selama percakapan menunjukkan bahwa dia gak tertarik pada obrolan. Maka dari itu, sebaiknya lakukan kontak mata yang konsisten atau postur tubuh yang tegap untuk menunjukkan perhatian.

Baca juga: 3 Sikap Profesional saat Pertama Kali Bekerja

Temukan persamaan

Pendekatan secara personal merupakan metode yang baik untuk membangun percakapan. Kamu bisa melakukannya dengan menemukan persamaan antara kamu dan lawan bicara. Selipkan pertanyaan yang lebih santai kepada lawan bicara. Misalnya kamu melihat gantungan kunci karakter Marvel milik rekan kerjamu, kamu bisa membuka obrolan dengan menggunakan benda tersebut sebagai topiknya.

Sekian artikel tentang tips membangun hubungan yang profesional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Rekan Kerja Tidak Profesional? Ini Cara Menyikapinya!


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar