3 Cara Untuk Mengatasi Baper Di Kantor
Siker.id | 12 May 2022 09:00


Bagikan ke
Karyawan sedang menahan emosi (freepik/siker.id)

siker.id - Dalam pekerjaan, pasti kita sering merasa adanya tekanan dan juga konflik, yang terkadang membuat kita menjadi mudak baper alias bawa perasaan. Padahal kita dituntut untuk menjadi profesional saat bekerja. Namanya perasaan, pasti tidak bisa bohong buka?

Nah, berikut ini beberapa cara agar kita bisa mengatasi rasa baper saat berada di kantor.

Baca juga : 3 Playlist Lagu untuk Menemani Bekerja

1. Ekspresikan Perasaan di Tempat Lain

Saat kamu lagi benar-benar kesal dan nggak bisa lagi menahan emosi, tinggalkan sejenak pekerjaan dan menjauh dari orang-orang yang bikin kamu marah. Jangan sampai kamu menangis, berteriak, bahkan sampai anarkis di tempat kerja.

Segera lari ke toilet kalau kamu ingin menangis. Atau tumpahkan perasaan dengan menelpon teman, pasangan, atau orang tua buat mengeluarkan uneg-uneg. Kalau sudah puas, kembali ke tempat kerja dengan tenang seperti tidak terjadi apa-apa.

Menunjukkan emosi di depan rekan kerja bakal bikin kamu dicap nggak profesional dan baperan. Dampak ke depannya, orang akan mempertanyakan kredibilitas keputusanmu, apakah murni dari pertimbangan logika atau cuma karena baper.

2. Bangun Kepercayaan Diri

Meski kamu terbukti melakukan kesalahan dalam pekerjaan, jangan lalu ciut nyali, guys. Tapi jangan songong atau ngeles juga.

Baca juga : Tips Mengatasi Minder di Tempat Kerja

Kesalahan adalah hal yang manusiawi dan semua orang bakal melakukannya. Hadapi dengan penuh kepercayaan diri dan akui kesalahanmu, lalu berusaha memperbaikinya. Dengan begitu, orang akan respek sama kamu dan melihat kamu adalah orang yang bertanggung jawab.

3. Jangan Menetapkan Ekspektasi Terlalu Tinggi

Baper biasanya muncul karena kamu kecewa bahwa orang lain nggak bisa memenuhi ekspektasimu. Ingat, kamu bekerja dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Karena itu, tetapkan standar yang baik, tapi jangan terlalu berharap bahwa orang lain bisa memenuhinya dengan sempurna. Jika ada sesuatu yang berjalan tidak semestinya, kedepankan rasa maklum dan cobalah untuk memandang situasi dari sudut pandang yang berbeda.

Itulah dia beberapa cara untuk mengatasi rasa baper ketika berada di kantor. Cobalah untuk bersikap lebih fleksibel dan menerima bahwa ada banyak karakter orang di dunia ini dengan berbagai ragam pola pikir serta cara bertindak.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Suka Menyalahkan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar