3 Tips Mengatasi Miskomunikasi Saat Remote Working
Siker.id | 12 May 2022 08:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Miskomunikasi merupakan suatu kegagalan dalam berkomunikasi secara efektif. Salah satu permasalahan yang banyak dialami antara atasan dengan pekerja, apalagi saat harus bekerja dengan cara remote selama masa pandemi. 

Miskomunikasi merupakan hal yang umum terjadi di tempat kerja, apalagi dalam lingkup virtual ketika sistem remote working atau work from home diberlakukan. Agar pekerjaan selama work frome home atau remote working berjalan dengan lancar, maka perhatikan berikut ini beberapa cara untuk mengatasi miskomunikasi tersebut.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Lelah Akibat Kecanduan Kerja

1. Bersikap proaktif

Pastikan kamu selalu proaktif dan menyingkirkan semua kendala sebelum semua menjadi masalah yang serius. Ini dapat dilakukan dengan memeriksa secara teratur semua anggota tim. Tanyakan kendala yang mereka miliki selama work from home dan apa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantunya. 

Manajer juga harus menjaga agar tim selalu mengetahui informasi terkini dalam pekerjaan. Misalnya, proyek besar apa yang akan mereka kerjakan dan tanggung jawab baru seperti apa yang mereka dan tim emban. 

Baca juga : Begini Cara Mengatasi Badmood Ketika Sedang Bekerja

2. Sesuaikan komunikasi untuk individu dan tim 

Walaupun kamu bisa menggunakan saluran video untuk berkomunikasi, namun bukan berarti kamu harus mengandalkan cara ini seutuhnya. Manfaatkan dan sesuaikan saluran komunikasi yang cocok digunakan secara individu atau tim. 

Misalnya, tidak semua orang menyukai panggilan video. Jika kamu berhadapan dengan anggota tim seperti ini, maka pilihan media komunikasi yang dipilih cukup pesan tertulis seperti aplikasi chat atau email. 

3. Buat aturan dan informasi yang jelas 

Agar tidak ada miskomunikasi selama bekerja jarak jauh, manajer harus membuat aturan dan informasi yang jelas tentang cara kerja dan ekspektasi yang perlu dicapai tim. Misalnya, mengenai jam kerja, penggunaan tools tertentu yang harus dipakai tim agar bisa melacak produktivitas kerja, hingga langkah yang harus diambil ketika berhadapan dengan situasi darurat saat bekerja. 

Itulah dia beberapa tips untuk mengatasi agar tidak terjadi miskomunikasi antara tim ketika melaksanakan remote working, semoga membantu. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Kebosanan saat Menulis


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar