4 Peluang Pekerjaan Lulusan Sarjana Psikologi
Siker.id | 11 May 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dari aktualisasi kejiwaan dan kepribadian. Umumnya, jurusan psikologi memang banyak disukai oleh wanita, tetapi untuk para laki-laki yang sudah masuk ke jurusan psikologi jangan cemas, sebab peluang kerja lulusan psikologi masa depan justru cemerlang dan semakin banyak.

Berikut ini adalah beberapa peluang kerja lulusan psikologi.

Baca juga : 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Wanita Berkarir

1. Human Resource Departement (HRD)

Ini merupakan pekerjaan yang paling diminati oleh lulusan sarjana psikologi yaitu jadi HRD. Berita baiknya adalah sebagian besar perusahaan di Indonesia memerlukan Human Resource Development.

Entah itu dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar, sari pemerintahan atau swasta, semua memerlukan HRD.

2. Research and Development (RnD)

Selanjutnya yaitu Research and Development, istilah lainnya yaitu Learning and Development. Jenis profesi ini bertugas untuk melakukan riset mendalam terkait dengan pengembangan suatu produk baru.

Misalnya memperhatikan perilaku konsumen dalam hal menggunakannya, menganalisis target market, demografi, tingkat kepuasan hingga efek penggunan dari produk tersebut. Kemudian data akan diolah untuk mengetahui hasil akhirnya.

Karena tingkat kesuksesan suatu produk dapat dilihat dari cara RND meneliti sebuah data. Tidak hanya itu saja, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur kepuasan konsumen sesuai dengan target market awal.

Baca juga : 4 Keahlian Dasar untuk Menjadi Admin HRD

3. Management Trainee

Jenis pekerjaan yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan motivasi atau pelatihan khusus kepada karyawan suatu perusahaan. Hal tersebut terkait dengan meningkatkan kualitas diri agar pekerjaan yang dilakukan dapat selesai dengan cepat dan tepat.

Biasanya, perusahaan memberikan gaji sesuai dengan hitungan jam seorang trainer tersebut ketika melakukan pekerjaannya. Misalnya, dalam sehari trainer memberikan konsultasi selama 5 jam.

4. General Affairs

Prospek kerja lulusan S1 dan S2 jurusan psikologi yang terakhir dan layak Anda coba adalah menjabat posisi sebagai General Affairs perusahaan. Job desk atau tugas pokok posisi ini ialah menjalankan program operasional perusahaan, seperti pembelian peralatan kantor dan sedikit membantu divisi HRD.

Itulah dia beberapa peluang pekerjaan untuk lulusan sarjana psikologi selain menjadi psikolog, psikiater, konselor, dan juga guru bimbingan konseling (BK). Semoga membantu kamu dalam menentukan karirmu setelah lulus ya.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Skill Wajib untuk Menjadi HRD


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar