4 Strategi Perusahaan Bertahan Saat Pandemi
Siker.id | 11 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Virus Covid-19 tidak menunjukkan tanda-tanda akan menghilang dalam waktu dekat, yang berarti pandemi akan masih tetap ada dan juga ada lebih banyak tantangan baru untuk bisnis kecil yang masih bertahan saat ini. Hampir setiap bisnis, dari perusahaan besar hingga UMKM, harus melakukan penyesuaian untuk menghadapi kenyataan baru yang menyertai pandemi.

Perubahan sistem kerja jarak jauh yang berlaku hampir universal untuk pekerjaan jarak jauh, kebijakan tinggal di rumah yang diberikan pemerintah, dan masalah kesehatan yang berkelanjutan telah menciptakan lingkungan bisnis yang terlihat. Berikut ini ada beberapa strategi untuk perusahaan agar bisa bertahan di masa pandemi seperti ini.

Baca juga : 3 Strategi Sosial Media Marketing dalam Menghadapi Krisis

1. Tingkatkan strategi pemasaran yang fokus pada taktik digital

Pandemi telah mengajari sesuatu yang baru, saat ini kita lebih bergantung pada teknologi modern. Anda harus terus mengevaluasi strategi dan teknologi digital yang sudah Anda gunakan.

Tidak ada yang tahu bagaimana dunia akan berubah ketika Covid-19 akhirnya selesai. Namun, sangat mungkin bahwa banyak interaksi yang biasanya dilakukan secara langsung sebelum pandemi akan terus terjadi di lingkungan yang didominasi digital. 

2. Luncurkan produk atau layanan baru

Di saat-saat seperti ini, perusahaan yang paling gesit biasanya adalah perusahaan yang unggul. Jika penjualan yang terkait dengan pendapatan utama mengalami penurunan selama pandemi, Anda harus menemukan aliran pendapatan baru.

Strategi ini berlaku untuk pemula, bisnis kecil, dan bahkan konglomerat besar. Dengan mengambil pendekatan cekatan untuk pengembangan dan penjualan produk, merek-merek besar dapat tetap menjadi yang teratas di antara pelanggan mereka dan menunjukkan kualitas inovatif yang dicari konsumen modern dalam merek-merek terkemuka.

Baca juga : 3 Kelebihan dari Strategi Pemasaran Endorse

3. Utamakan kesejahteraan pekerja Anda

Perusahaan yang tak terhitung jumlahnya telah dipaksa untuk memberhentikan staf, membatasi jam kerja, atau membuat keputusan keras lainnya untuk bertahan hidup. Mungkin Anda juga melaluinya, harus berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan orang-orang yang terjebak bersama Anda selama krisis tahu bahwa Anda menghargai mereka dan ada banyak cara untuk melakukannya.

Terlepas dari bagaimana Anda melakukannya, mengutamakan karyawan Anda sekarang dapat membantu menumbuhkan budaya perusahaan yang diperkuat oleh kesulitan, daripada budaya yang layu ketika keadaan menjadi sulit.

4. Menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan

Sebelum pandemi, para pemimpin bisnis dan pemasaran sudah mencari cara untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat di antara konsumen dan investor untuk inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang jelas. Namun, kegiatan CSR harus lebih dari sekadar taktik pemasaran.

Konsumen menuntut orisinalitas, terutama generasi muda dan untuk saat ini, dengan mendukung upaya bantuan Covid-19, baik dalam upaya lokal maupun global, sebuah brand akan menjadi lebih unggul. 

Itulah dia beberapa strategi yang bisa diterapkan perusahaan untuk tetap bertahan pada pandemi seperti saat ini. Semoga bermanfaat dan membantu perusahaan Anda.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar