4 Peluang Profesi Lulusan Sarjana Hukum
Siker.id | 11 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ilmu hukum, salah satu jurusan kuliah yang paling banyak diminati dan juga memiliki beragam peluang kerja nantinya setelah lulus. Ilmu hukum sendiri merupakan studi yang mempelajari mengenai sistem hukum yang berlaku di kehidupan masyarakat.

Biasanya profesi dari ilmu hukum tergantung dari peminatan jurusan yang kamu pilih. Mulai dari hukum perdata, hukum islam, hukum adat, hukum ekonomi, hukum pidana, hukum tata negara, dan masih banyak lagi.

Na, dibawah ini ada beberapa peluang kerja untuk kamu yang sarjana hukum.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

1. Pengacara

Pengacara adalah salah satu prospek kerja ilmu yang cukup populer di Indonesia. Tugas dan tanggung jawabnya adalah mewakili kepentingan hukum klien dan berusaha menyelesaikan perselisihan dengan seefektif mungkin.

Tidak hanya itu, sebagai seorang pengacara kamu juga berperan sebagai konsultan dan terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Jika kamu memilih prospek kerja ilmu hukum ini, maka kamu harus mengambil pendidikan advokat terlebih dulu.

2. Hakim

Selanjutnya, hakim yang bisa menjadi pilihan kamu. Tugas dan tanggung jawab seorang hakim adalah untuk menafsirkan dan menerapkan hukum untuk membuat keputusan tentang masalah hukum.

Jika kamu ingin menjadi hakim, ada beberapa proses seleksi dan kualifikasi khusus yang harus kamu penuhi. Bahkan para penguji juga akan melihat moral dan kemampuan kamu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Bea Cukai

3. Staf Legal

Staf legal ada salah satu profesi dari ilmu hukum yang bisa jadi pilihan kamu yang ingin bekerja di perusahaan. Sampai saat ini, pekerjaan ini masih banyak dicari perusahaan.

Jika kamu mengerti tentang aset perusahaan, bagaimana cara membuat surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya, maka prospek kerja ilmu hukum yang satu ini cocok untuk jadi pilihan kamu.

4. Notaris

Notaris adalah salah satu prospek kerja ilmu hukum paling menjanjikan berikutnya. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk membuat surat legal seperti akta tanah, akta kepemilikan perusahaan, dan akta-akta lainnya.

Jika kamu bertekad memilih jalur karier ini, kamu diwajibkan untuk mengambil magister kenotariatan terlebih dulu. Jika sudah, kamu bisa membuka praktik di rumah atau bekerja sama dengan perusahaan lain.

Itu dia beberapa profesi yang bisa kamu berkarir setelah lulus menjadi sarjana hukum, selain itu sarjana hukum juga bisa lho jadi staf HRD dan juga dosen. Namun, kamu harus menempuh pendidikan lagi jika ingin menjadi dosen jurusan ilmu hukum.

Semoga artikel ini bermanfaat, sekian. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan PIP


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar