5 Langkah Dalam Merintis Karir Mencapai Kesuksesan
Siker.id | 11 May 2022 11:15


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Masa depan adalah gambaran dimana kita merencanakan dan akan lakukan nantinya. Sukses dalam berkarir sangat identik dengan kesejahteraan yang setiap orang impikan. Pengetahuan dan perencanaan karir yang tepat juga sangat dibutuhkan agar kita bisa meraih tujuan dan impian.

Namun, tidak semua orang bisa paham bagaimana cara merencanakan karir yang baik. Mereka tahu ingin sukses berkarir namun kadang tak paham cara meraihnya. 

Berikut ini ada beberapa langkah untuk kamu yang akan merintis karir untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga : Berikut 5 Langkah Persiapan Kerja Secara Hybrid

1. Menyusun Visi Mulai Sekarang yang Bisa Berawal dari Impian

Jika perusahaan punya visi dan misi, maka karyawan juga harus punya visi. Visi ini bisa berawal dari mimpi yang ingin diraih. Visi adalah panduan kemana harus melangkah kedepannya.

Jadi jika ingin membuat visi maka harus bisa membayangkan diri di masa mendatang, 5 sampai 10 tahun ke depan. Jika masih susah membayangkan sampai 5 tahun atau 10 tahun, mulailah dengan visi 2 sampai 3 tahun. Visi bisa berganti namun jangan terlalu sering yang berakibat tidak fokus atau bahkan gagal meraihnya.

2. Review Pencapaian Masa Lalu, Jangan Fokus pada Kegagalan

Dalam bekerja atau beraktifitas, jadikan keberhasilan demi keberhasilan sebagai sebuah kebiasaan yang membanggakan. Setiap ada kegagalan, evaluasi sejenak dan segera lupakan, namun jika punya keberhasilan, evaluasi menyeluruh agar bisa mengulanginya lagi di masa yang akan datang dengan lebih gemilang lagi.

Ada baiknya mencatat setiap penghargaan atau prestasi yang pernah diperoleh saat bekerja. Bisa aja catatan prestasi ini kelak bermanfaat saat mencari pekerjaan atau karir baru. Selain membuat resume atau CV lebih menarik, catatan prestasi juga berguna untuk perencanaan karir kedepannya.

Baca juga : 3 Langkah Mengetahui Dream Job

3. Fokus dan Tingkatkan terus Keterampilan yang Dikuasai

Keterampilan biasanya sejalan dengan minat. Tak ada salahnya mencatat keterampilan yang Anda kuasai untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Keterampilan tidak pelu banyak-banyak, yang penting ahli di satu bidang yang diminati, misalnya ketrampilan menulis untuk pekerjaan reporter, selain itu kemampuan observasi, menginterview, menginvestigasi, menulis, mengedit, dan lain sebagainya.

Dengan mencatat dan mengetahui keterampilan yang dikuasai, kita dapat menyesuaikan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan tersebut. Perencanaan karier juga lebih mudah dilakukan karena tidak terbatas dengan satu jenis pekerjaan saja.

4. Cermat Membaca Tren dan Peluang Karir di Masa Depan

Perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini disadari atau tidak, sudah banyak pekerjaan membuka kesempatan karir. Contohnya saja pekerjaan atau bidang yang terkait surat menyurat, fotografi dan sejenisnya. Sebagai gantinya kesempatan berkarya di bidang aplikasi android dan transaksi berbasis online terbuka lebar.

Kita harus jeli membaca tren masa depan ini. Jangan sampai kita menggeluti bidang yang ternyata kedepan sudah tidak ada lagi akibat tergilas kemajuan teknologi. Jika kita tak bisa memprediksi tren masa depan, setidaknya kita bisa cepat adaptasi dan menyesuaikan keterampilan yang kita miliki dengan kondisi saat ini.

5. Jalankan Rencana Karir dengan Disiplin dan Bertanggung Jawab

Banyak orang gagal karena tidak disiplin dalam menjalankan rencana yang sudah dibuat. Sebuah perencanaan yang matang dan detail tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya eksekusi. Metode SMART (Specific, Measureable, Achievable, Realistic, Time-bound) akan banyak membantu memberikan panduan bagaimana membuat sebuah perencanaan karir yang tepat.

Itulah dia beberapa langkah untuk kamu yang sedang merintis dan merencanakan karir kamu di masa depan, semoga dapat membantu kamu dalam pencapaian tujuan dan kesuksesan.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar