Memahami 3 Karakter Generasi Z
Siker.id | 11 May 2022 10:45


Bagikan ke
Generasi Z (freepik/siker.id)

siker.id - Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1995 dan seterusnya. Generasi ini lahir ketika internet sudah berkembang pesat dalam kehidupan. Generasi ini lahir di era yang kita sebut era digital. Generasi ini pun lahir tanpa mengetahui kehidupan pada masa tidak ada internet dan gadget.

Baca juga : Generasi Milenial Memiliki Daya Tarik terhadap PNS

Untuk memahami karakter dari generasi Z ini, simak yuk berikut ini.

1. Memiliki ambisi besar untuk sukses

"Anak zaman now'' ini cenderung memiliki ambisi besar untuk sukses, dikarenakan semakin banyaknya role model yang mereka idolakan. Ambisi untuk menggapai mimpi ini juga didukung oleh kondisi dunia yang lebih baik, dan kondisi orang tua yang mayoritas jauh lebih mapan. Sebenarnya ambisi atau goals inilah yang diperlukan anak sedari dini.

Baca juga : 4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja

2. Cinta kebebasan dan Percaya diri

 

 

Generasi Z suka dengan kebebasan dan juga percaya diri yang sangat tinggi, baik itu kebebasan berpendapat, kebebasan berkreasi, kebebasan berekspresi, memiliki sikap optimis dan lain sebagainya. Bagaimana tidak, mereka ini lahir di dunia modern, mental positif yang seperti ini memang hal yang utama dalam hidup, yaitu bisa melihat permasalahan dari segi positif.

Namun orang tua perlu berhati-hati jangan sampai menjatuhkan rasa percaya diri mereka saat memberi masukan dan juga memberikan penjelasan tentang arti kebebasan pada generasi Z ini, misalnya seperti peraturan kebebasan jam main keluar rumah.

 

 

3. Keinginan untuk mendapatkan pengakuan

Pada dasarnya setiap orang pasti memililki keinginan agar diakui atas kerja keras, usaha, dan kompetensi yang telah didedikasikannya. Namun, anak-anak yang lahir di generasi ini cenderung ingin diberikan pengakuan dalam bentuk reward (pujian, hadiah, sertifikat, dan penghargaan), karena kemampuan dan eksistensinya sebagai individu yang unik.

Nah, itulah dia karakter dari generasi Z yang perlu kita pahami, mereka adalah generasi unik yang akan menciptakan banyak inovasi dengan kreatifitas mereka karena mereka memang sudah hidup dengan banyaknya teknologi serta informasi yang berkembang pesat.

Semoga artikel ini bermanfaat, sekian. Jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Pahami Budaya Kerja Zaman Now Ala Generasi Milenial

 

 

 


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar