3 Tips Hindari Kesalahan Dalam Menentukan Karir
Siker.id | 11 May 2022 13:00


Bagikan ke
Hindari kesalahan menentukan karir (siker)

siker.id - Untuk kamu yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan sekarang sedang mencari pekerjaan, cermat dan telitilah dalam menentukan jalur karier impian. Perkembangan zaman menyediakan berbagai jenis pilihan karier, semakin beragam dan semakin menarik, terkadang bisa membuatmu terkecoh dalam memilih jalur karier yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Tetaplah teliti dan berhati-hati dalam menentukan pilihan karier. Banyaknya pilihan jalur berkarier memang bagus dan memberikanmu banyak kesempatan, tapi demi kebaikan dan peningkatan kualitas diri, pilihlah jalur karier yang benar-benar bisa membuatmu berkembang. Berikut ini tips yang perlu kamu perhatikan.

Baca juga: 4 Tips Memulai Karir Menjadi Penulis

Tuliskan beberapa jenis pekerjaan yang kamu sukai

Tips pertama untuk menghindari sikap ceroboh dalam menentukan jalur berkarier yaitu, cobalah menuliskan beberapa jenis pekerjaan yang kamu sukai. Setelah memahami kemampuan yang kamu miliki, sekarang tuliskan beberapa daftar pekerjaan sesuai dengan segala hal yang ada dalam dirimu. Tuliskan berdasarkan karakter diri, bakat yang kamu miliki, serta keterampilan-keterampilan yang kamu kuasai. Setelahnya, cobalah kamu perkecil lagi beberapa jenis pekerjaan tadi berdasarkan yang paling kamu minati. Kunci sukses berkarier adalah menentukan jalur karier yang benar-benar sesuai dengan minat diri.

Ketahui tujuan masa depanmu dalam berkarier

Mengetahui tujuan masa depan secara pasti dalam meniti karier, dapat menghindarkanmu dari kecerobohan saat sedang menentukan jalur karier impian. Cari tahu terlebih dulu tujuan apa yang sebenarnya ingin kamu raih dalam perjalanan karier yang akan kamu jalani. Pikirkan jangka pendek dan jangka panjangnya juga. Mempertimbangkan tujuan berkarier dari sisi waktu, dapat mengarahkanmu menuju kesuksesan dalam berkarier. Berkarier tanpa memiliki tujuan yang pasti, hanya akan membuatmu lelah dalam menjalaninya, dan bisa-bisa kamu kehilangan motivasi bekerja nantinya.

Baca juga: 7 Posisi Dan Jenjang Karir Di Bank

Pertimbangkan dari sisi perkembangannnya

Untuk menghindari kecerobohan dalam menentukan jalur karier berikutnya yaitu, dengan mempertimbangkan sisi perkembangannya. Maksudnya adalah pilihlah jalur karier yang benar-benar bisa membuatmu berkembang di masa depan. Dalam hal ini, sebaiknya jangan hanya melihat dari segi pendapatannya saja, ya. Jalur karier yang bisa membawa kesuksesan, itu gak hanya terkait dengan pendapatan dan jabatan tinggi saja, melainkan tersedia juga berbagai kesempatan untukmu mengembangkan keterampilan diri.

Sekian artikel tentang tips hindari kesalahan dalam menentukan karir. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Menyalurkan Hobi untuk Kemajuan Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar