3 Cara Sukses Melakukan Penilaian Kerja Karyawan
Siker.id | 11 May 2022 07:00


Bagikan ke
Cara penilaian kinerja karyawan (siker)

siker.id - Penilaian kinerja pegawai adalah cara bagi perusahaan untuk meningkatkan performa karyawan dengan mengetahui hambatan yang terjadi serta mencari solusi secara bersama. Selain itu, proses ini menjadi tolok ukur perusahaan apakan seluruh pegawai sudah mengerjakan setiap tanggung jawab yang diberikan dengan benar. Agar penilaian bisa dilakukan secara efektif, dibawah ini terdapat tips-tips untuk memaksimalkan penilaian kinerja pegawai perusahaan. Simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Ketahui 5 Strategi Ini Buat Karyawan Jujur

Ketahui Tujuan dari Penilaian Kinerja Pegawai

Penilaian kinerja bukanlah semata-mata untuk mengkritik hasil kinerja para pegawai. Namun, tujuan dari proses ini adalah mengetahui akan kebutuhan serta tujuan karyawan, mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi, memberikan kesempatan bagi karyawan untuk memberikan feedback terhadap perusahaan, serta memberikan pengakuan atau mengapresiasi hasil kinerja karyawan. Penilaian kinerja yang efektif akan menghasilkan komunikasi secara dua arah sehingga baik pihak pegawai maupun perusahaan sama-sama mengetahui kelebihan serta kekurangan apa yang harus mereka benahi.

Jadilah Seorang Pendengar yang Baik!

Selain memberikan penilaian, Anda juga harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk karyawan Anda. Sebagai seorang manajer atau atasan di perusahaan, tentunya Anda harus mengetahui masalah atau hambatan yang sedang mereka alami. Karena pekerjaan yang mereka lakukan tentunya akan berhubungan dengan pekerjaan karyawan lainnya. Dari keluhan yang Anda ketahui tersebut, karyawan Anda akan sangat terbantu dengan solusi yang bisa dipecahkan bersama atau mungkin saja akan menemukan peluang baru yang menguntungkan.

Baca juga: 9 Fasilitas Untuk Karyawan Yang Wajib Selain Gaji

Posisikan Diri Anda Sebagai Karyawan

Saat memberikan evaluasi kinerja, terkadang ada beberapa karyawan yang tidak menerima hasil kinerjanya dikritik atau tidak sesuainya kritik yang diberikan. Agar tidak menimbulkan emosi karyawan, cobalah memposisikan diri Anda sebagai seorang karyawan yang akan menerima penilaian. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan cara penyampaian penilaian yang tepat agar karyawan bisa menerima kritik maupun saran yang diberikan.

Sekian artikel tentang cara sukses melakukan penilaian kerja karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 7 Tips Untuk Menghadapi Karyawan Suka Menuntut


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar