icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Skill Wajib untuk Menjadi HRD
Siker.id | 10 May 2022 16:00


Bagikan ke
Skill HRD (siker)

siker.id - Umumnya, pada perusahaan kecil, pekerjaan dan tugas HRD dikerjakan oleh karyawan biasa tanpa memiliki pengalaman/ background pendidikan HRD. Namun, di perusahaan-perusahaan besar, umumnya pemilik perusahaan memiliki departemen khusus yang mengurus segala keperluan Sumber Daya Manusia (SDM). Di departemen itulah seorang HRD bekerja dengan berbagai tugas yang memerlukan beberapa skill yang wajib mereka kuasai. Berikut beberapa skill wajib yang harus dimiliki oleh HRD.

Baca juga: 5 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Admin HRD

Multitasking dan Bisa Fokus dalam Banyak Hal

Pertama, skill wajib HRD yang pertama adalah kemampuan multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Sebab, HRD memiliki jobdesk yang cukup banyak dan mengharuskannya berhubungan dengan banyak divisi di perusahaan. Mulai dari memproses rekrutmen karyawan, mempersiapkan pelatihan untuk karyawan, hingga mengatur penggajian dan memproses karyawan bermasalah. Beragamnya jobdesk tersebut mengharuskan HRD memiliki kemampuan multitaskingyang baik.

Dual Focus, Antara Kebutuhan Karyawan dan Manajemen

Seorang HRD dituntut menjembatani 2 kepentingan, yaitu antara kebutuhan karyawan dan pihak manajemen perusahaan. Ada saat ketika Anda harus mengambil keputusan untuk melindungi karyawan. Ada saatnya pula Anda akan dihadapkan pada panggilan hati untuk melindungi organisasi, budaya dan nilai-nilai perusahaan. Di sinilah seorang HRD kadang mengalami dilema. Tak jarang, profesi mereka sering disalahpahami oleh karyawan. Karena itulah, kemampuan dual focus menjadi skill wajib HRD yang harus dimiliki. Anda harus mampu menyeimbangkan kepentingan karyawan dan manajemen.

Baca juga: 4 Masalah Umum HRD Yang Sering Ditemui

Skill Komunikasi Publik dan Interpersonal yang Baik

Skill wajib HRD berikutnya adalah kemampuan berkomunikasi. Baik itu komunikasi publik maupun komunikasi interpersonal antar-karyawan. Skill yang satu ini masih berhubungan erat dengan poin sebelumnya. Karena dituntut untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan, seorang HRD dianjurkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi publik diperlukan saat HRD diminta untuk memimpin jalannya pelatihan karyawan baru, mengadakan program gathering, dll. Sedangkan kemampuan komunikasi interpersonal hampir setiap hari harus dilakukan HRD dengan baik saat berhadapan langsung dengan karyawan atau pihak manajemen.

Sekian artikel tentang skill yang wajib harus dikuasai HRD. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips CV Menarik Agar Di Lirik HRD


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

TAG :

Komentar