3 Tips Hindari Keadaan Planning Fallacy
Siker.id | 10 May 2022 10:00


Bagikan ke
Planning Fallacy (siker)

siker.id - Terkadang, beberapa orang menyelesaikan pekerjaan mereka melewati deadline yang seharusnya. Hal ini sering terjadi karena mereka berpikir bahwa sebuah pekerjaan mungkin hanya memerlukan waktu beberapa hari. Namun, pada kenyataannya pekerjaan tersebut selesai dalam waktu yang lebih lama dari perkiraan. Kondisi ini disebut dengan istilah planning fallacy atau kekeliruan perencanaan. Planning fallacy merupakan sebuah keadaan di mana terdapat optimisme berlebihan dan meremehkan waktu yang dibutuhkan tentang perkiraan penyelesaian pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips agar hal tersebut tidak terulang kembali.

Baca juga: Cek 5 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Breakdown tugas besar menjadi bagian yang lebih kecil

Seseorang akan merasa lebih kesulitan dalam memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu tugas besar. Kemungkinan kesalahan akan semakin tinggi, sehingga risiko terjadinya planning fallacy meningkat. Agar tidak terjadi hal tersebut, kamu perlu membagi tugas yang besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dengan membuat to do list. Dengan begini, kamu akan lebih mudah untuk menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Menjauhkan sumber distraksi

Saat merancang rencana kerja, jauhkan segala bentuk distraksi, seperti bunyi televisi, bunyi notifikasi ponsel dan segala hal yang dapat mengalihkan perhatianmu. Ini karena distraksi adalah sesuatu yang akan memecahkan fokus seseorang. Melakukan sesuatau dalam keadaan tidak fokus akan menghasilkan pekerjaan yang tidak maksimal dan meningkatkan risiko kesalahan. Selain itu, distraksi juga akan membuat pekerjaanmu tidak kunjung selesai. Saat ada bunyi notifikasi, mungkin niatmu hanya akan membukanya sebentar. Tetapi, konten-konten menarik yang ada di media sosial tanpa sadar membuatmu menontonnya dalam waktu yang lama.

Baca juga: 5 Soft Skills Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Belajar dari kesalahan

Beberapa orang terus terjebak dalam planning fallacy. Mereka terus memperkirakan waktu yang salah, menjanjikan waktu yang cepat kepada klien, dan berujung pada pekerjaan yang melewati deadline. Hal ini terjadi karena seseorang tidak belajar dari kesalahan masa lalu. Jika kamu pernah mengalami planning fallacy, jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran berharga. Hal ini penting agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama dan menjadi seseorang yang lebih akurat dan profesional.

Sekian artikel tentang tips menghindari situasi planning fallacy. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Cara Elegan Menghadapi Rekan Kerja Suka Pamer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar