3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Suka Menunda Pekerjaan
Siker.id | 09 May 2022 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Memiliki rekan kerja di kantor adalah anugerah karena jadi ada teman untuk mengobrol, bertukar pikiran, dan lain sebagainya. Namun, apa jadinya bila rekan kerja kita punya kebiasaan menunda pekerjaannya. Menghadapi rekan kerja seperti ini memang harus ekstra sabar, karena pekerjaan tim jadi terhambat hanya karena satu orang.

Baca juga : Pahami Budaya Kerja Zaman Now Ala Generasi Milenial

Nah, berikut ini adalah tips menghadapi rekan kerja yang suka menunda pekerjaan.

1. Mencari solusi bersama dan tekankan ekspektasimu

Ketika rekan kerja yang menunda pekerjaan telah menjelaskan hambatan yang dialaminya, kamu bisa mencari solusi bersama. Setelah itu, kata Chron, sampaikan ekspektasimu tentang perubahan yang diharapkan terlihat di waktu mendatang. 

Misalnya, rekan kerja kamu mengalami kesulitan memenuhi deadline di hari yang sama untuk beberapa pekerjaan sekaligus. Kamu bisa memberikan saran dengan mengubah deadline pekerjaan menjadi satu minggu setelah pekerjaan diterima. 

Harapannya, dengan ini rekan kerja bisa lebih mudah mengatur waktu dan load kerjanya.

Baca juga : 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

2. Lakukan follow up 

Melakukan follow up secara berkala bisa membantu rekan kerja kamu merasa didukung dan dibantu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Terutama untuk proyek jangka panjang dan berskala besar. 

Selama follow up, kamu bisa menanyakan soal kendala yang ia temui dan bagaimana kendala itu bisa diselesaikan sebagai tim. Hindari follow up yang bersifat demanding dan memberikan tambahan pressure kepada rekan kerja kamu.

3. Berikan deadline yang lebih awal

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah memberikan deadline lebih awal untuk rekan kerja yang suka menunda pekerjaan. Dengan cara ini, kamu bisa memiliki waktu untuk memprediksi adanya kemunduran tanpa mengganggu kinerja timmu. 

Itulah dia beberapa tips menghadapi rekan kerja yang suka menunda pekerjaan, semoga membantu dalam menyelesaikan pekerjaan tim kamu. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran dapat dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Hadapi Rekan Kerja Yang Bossy


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar