3 Hal ini Wajib Dikuasai sebelum Menjadi Perangkat Desa
Siker.id | 09 May 2022 14:30


Bagikan ke
Menjadi perangkat desa (siker)

siker.id - Bertugas membantu kepala desa dalam mengemban amanat pemerintahan, perangkat desa menjadi profesi yang banyak dilirik. Bagaimana tidak, profesi ini cukup menjamin kesejahteraan diri karena terbebas dari ancaman PHK. Selain itu, posisi sekretaris desa juga sudah ditetapkan sebagai PNS, lho! Tingginya minat masyarakat untuk duduk di kursi pemerintah desa membuat tes penjaringan perangkat desa berjalan selektif. Dari sekian puluh peserta, hanya satu peserta yang akan dilantik. Ketat sekali, kan? Oleh karena itu, jika kamu berminat jadi perangkat desa, materi di bawah ini wajib kamu kuasai.

Baca juga: 3 Skill-set yang Harus Dimiliki oleh Blogger

Berkedudukan sebagai sumber hukum tertinggi, UUD 1945 harus dikuasai

UUD 1945 mengalami beberapa amandemen. Sebagai hasil akhir, terdapat 16 bab, 37 pasal, 194 ayat, 3 pasal aturan peralihan, dan 2 pasal aturan tambahan. Berkedudukan sebagai sumber hukum tertinggi, UUD 1945 memuat seluruh aturan penyelenggaraan pemerintahan Indonesia, termasuk pemerintahan daerah. Oleh karena itu, materi ini juga wajib dikuasai bagi kamu yang tertarik menjabat sebagai perangkat desa. Materi yang diujikan berkaitan dengan substansi atau isi UUD 1945, tanggal dan pasal-pasal amandemen, serta poin-poin amandemen. Selain diujikan dalam tes penjaringan, UUD 1945 juga menjadi materi seleksi kompetensi dasar dalam tes CPNS. Oh ya, menguasai UUD 1945 juga bisa bikin kamu melek hukum! Wawasan ini akan sangat berguna bagi kehidupanmu.

Aturan perundang-undangan tentang pemerintahan desa sudah pasti diujikan

Pemerintahan desa diselenggarakan berdasar aturan perundang-undangan. Bidang pemerintahan yang dimaksud meliputi administrasi, keuangan, pembangunan, pelayanan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, materi satu ini diujikan dalam seleksi kompetensi bidang. Aturan perundang-undangan yang utama ialah UU No. 6 tahun 2014 tentang desa. Aturan ini memuat seluruh regulasi penyelenggaraan pemerintahan dan kehidupan masyarakat desa. Selain itu, materi lain yang diujikan ialah Permendagri dan Perda.

Baca juga: 4 Skill yang Harus Dikuasai Public Relation

Untuk jadi perangkat desa, wawasan umum juga harus mumpuni

Tes wawasan umum bisa dibilang bergantung pada keberuntungan. Pasalnya, kamu tak akan benar-benar tahu topik apa yang akan muncul di kertas ujian. Boleh jadi tentang sejarah dunia, wawasan kebangsaan, pengetahuan lokal, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, memperbanyak bacaan akan sangat membantu, apalagi jika jenis buku yang kamu baca adalah ensiklopedia. Meski susah ditebak, ada trik jitu menghadapi ujian ini. Kamu bisa menghimpun soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, sekian persen materi akan dimunculkan kembali. Hal ini bisa menjadi strategi yang efektif.

Sekian artikel tentang hal yang harus dikuasai sebelum menjadi perangkat desa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar