3 Cara Menjawab Komentar Negatif dari Orang-Orang
Siker.id | 09 May 2022 13:00


Bagikan ke
Menjawab komentar negatif (siker)

siker.id - Apa yang terjadi dengan kehidupan kita sendiri merupakan ketetapan Sang Ilahi untuk dijalani. Tak bisa mengelak atau menentang apa yang sudah ada di depan mata. Sesuai alur kehidupan yang berjalan melangkah ke depan menuju apa yang semestinya kita lakukan. Menjadi familier bahkan campur aduk saat orang lain melontarkan komentar negatif yang ditujukan pada diri kita sendiri. Tak jarang emosi justru semakin tersulut seketika terdengar jelas di pusat gendang telinga. Lalu bagaimana cara menjawab komentar negatif orang-orang? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Jawablah dengan berkata "Pilihanku ada di tanganku"

Semua orang berhak memilih jalan hidupnya masing-masing. Tidak ada seorang pun yang bisa campur tangan mengenai keputusan besar, yang telah ditentukan. Banyak orang bertanya "Kenapa, sih kamu memilih pekerjaan itu? Padahal ada banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa kamu tekuni." "Kenapa, sih kamu gak seperti dia saja, punya pacar yang good looking?" Tak menampik kemungkinan pertanyaan semacam itu, hadir menyapa hari-harimu setiap saat dan tak memandang bulu. Solusi untuk mengatasinya, jawablah dengan berkata "Pilihanku ada di tanganku." Artinya apa? Kamu berhak membela diri dengan keyakinan penuh bahwa di dalam hidup yang kamu jalani merupakan kehendak dari dirimu sendiri.

Berani menjawab dengan suara lantang dan percaya diri

Beragam komentar negatif datang dari arah yang berbeda. Pikiran dan juga hati turut merasakan dampak dari sejumlah komentar yang dilontarkan baik di media sosial maupun secara langsung. Solusi cerdas untuk mengatasi hal ini adalah kamu berani menjawab komentar dari mereka dengan suara lantangmu. Berikan sebuah jawaban yang tepat sesuai apa yang kamu rasakan dalam dada. Cobalah jelaskan secara bertahap, keluarkan unek-unek yang mengganjal pikiranmu. Tapi yang perlu kamu ingat sekali lagi, walaupun kamu sedang bergelut dengan keadaan yang dapat memicu sisi emosional datang tak terkendali, kamu juga harus menetapkan batasan agar jangan sampai bertindak arogan dengan orang lain.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Hadapi Rekan Kerja Yang Bossy

Jangan memperkeruh suasana dengan melampiaskan kemarahan

Suasana sekitar yang menyelimuti hawa nafsu saat komentar negatif melanda, memang tak bisa disangkal. Kemarahan yang tak tertahankan bisa memperkeruh suasana. Agak sulit memang untuk stay calm soal hati yang tak karuan rasanya. Supaya kamu gak terlarut-larut dalam kemarahan, ambil langkah cerdas yang terakhir ini. Yakni, buatlah suasana hatimu tenang di saat situasi semacam ini terjadi padamu. Lalu sejenak tarik nafas dalam-dalam untuk mengurangi ketegangan yang ada pada dirimu. Suasana hatimu akan menjadi lebih stabil, jika kamu bisa mengontrol emosimu sampai berlanjut menyelesaikan persoalan yang ada.

Sekian artikel tentang cara menjawab komentar negative dari orang-orang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Keuntungan Memiliki Rekan Kerja Solid


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar