3 Ide Freelance yang Pas buat Mahasiswa
Siker.id | 08 May 2022 07:00


Bagikan ke
Ide freelance buat mahasiswa (siker)

siker.id - Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti punya banyak kesibukan, seperti kuliah ataupun organisasi. Namun, kamu pasti punya keinginan untuk bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Di tengah kesibukanmu sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti punya waktu luang. Waktu luang tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya dengan bekerja sebagai freelancer. Berikut adalah beberapa ide freelance untuk mahasiswa yang bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin mendapatkan uang tambahan. Beberapa pekerjaan freelance ini tidak memerlukan modal yang banyak.

Baca juga: 4 Kekurangan Berkarir sebagai Freelance

Visual kreatif

Pekerjaan freelance selanjutnya adalah menjadi seorang visual kreatif, yaitu seorang videografer, fotografer atau video editor. Nah, untuk kamu anak-anak Multimedia atau Desain Digital Kreatif, ini pekerjaan freelance yang asyik banget untuk kamu. Dimana hobi yang kamu lakukan bisa dibayar. Untuk menjadi videografer wedding misalnya, dalam satu hari kamu bisa dibayar sebesar Rp200.000 hingga Rp2.000.000, tergantung seberapa besar event-nya. Untuk menjadi fotografer seperti buku tahunan sekolah atau prewedding, kamu bisa mendapatkan sekitar Rp500.000 sampai Rp3.000.000 per project. Dan untuk menjadi video editor konten, kamu bisa dibayar dari Rp70.000 hingga Rp500.000 per konten.

Content creator

Untuk kamu mahasiswa yang kreatif, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. yaitu menjadi seorang content creator, salah satunya pembuat konten di Youtube. Di era digital saat ini, orang banyak sekali mengkonsumsi konten dari berbagai platform. Nah, peluang ini dapat kamu manfaatkan dengan mencoba untuk membuat konten di Youtube. Walapun gak semudah itu juga kamu langsung mendapatkan iklan sebagai pembuat konten. Kamu harus melalui fase dengan jumlah subscriber dan penonton tertentu. Tapi gak ada salahnya kamu jalanin dulu aja dan jangan berfokus pada uangnya. Karena nantinya uang akan mengikuti kamu sendiri ketika kamu sudah membuat konten-konten yang bagus dan berkualitas.

Baca juga: 4 Keuntungan Bekerja sebagai Pekerja Freelance

Jual pulsa

Pekerjaan freelance terakhir yang bisa kamu coba adalah jualan pulsa. Kita tahu pasti semua orang itu butuh yang namanya pulsa, kuota atau token listrik. Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari uang tambahan dengan jualan pulsa. Kamu bisa menjual pulsa kepada teman-teman kampusmu. Kamu bisa bekerjasama dengan distributor pulsa ataupun menyediakan aplikasi digital pembelian pulsa secara cepat, dengan biaya administrasi yang murah. Kalau kamu mau mencoba pekerjaan yang satu ini, kamu harus bisa menolak teman kamu yang ingin berhutang, ya. Jangan sampai kamu malah jadi rugi karena keseringan dihutangin temanmu.

Sekian artikel tentang pekerjaan freelenace yang pas buat mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips agar Freelance Tidak Mengganggu Kerja Utama


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar