3 Tips Ampuh Hadapi Diskriminasi bagi Pegawai Perempuan
Siker.id | 07 May 2022 17:00


Bagikan ke
Hadapi diskriminasi (siker)

siker.id - Diskriminasi merupakan tindakan negatif yang ditunjukan pada suatu komunitas, gender, atau perorangan. Salah satu target dari tindakan diskriminasi adalah para pegawai perempuan. Tak sedikit para pegawai perempuan yang harus rela dipandang sebelah mata sebab tindakan diskriminasi yang tak kunjumg menemui akhir. Berikut beberapa tips agar tetap dapat memberikan yang terbaik dan tak gentar dalam menghadapinya.

Baca juga: 3 Jenis Diskriminasi yang Terjadi di Tempat Kerja

Respon tindakan diskriminasi sebagai candaan

Tak banyak yang tahu bagaimana cara merespon tindakan diskriminasi yang mungkin diperoleh. Salah satunya adalah dengan menganggapnya sebagai candaan saja dan jadikan hal tersebut sebagai sesuatu lelucon. Ketika kamu menganggapnya serius, maka hal yang terjadi adalah konflik akan meledak sebab ketidakmampuan satu sama lain dalam mengontrol emosi. Namun, jika menganggapnya sebagai lelucon, maka para pelaku diskriminasi juga akan berpikir berulang kali dalam melakukannya sebab dirasa tak mempan karena tujuannya untuk menyakiti hatimu tak kamu penuhi dan malah kamu jadikan bahan tertawaan.

Aktif dan mencoba mendominasi di tempat kerja

Kadang kala sikap diskriminasi muncul sebab perempuan dan pria yang terkadang mengalami presentasi cukup jomplang dalam urusan keaktifan. Rata-rata justru prialah yang dapat mengambil kesempatan untuk aktif, meski perempuan juga temu bisa melakukan hal demikian. Hal inilah yang harus dianggap sebagai celah tersendiri bagi para pegawai perempuan untuk memaksimalkannya. Ambilah celah tersebut sebagai kesempatan untuk terus menunjukan diri dengan baik. Melalui keaktifan, maka tak ada alasan lagi untuk diperlakukan diskriminatif.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Diterapkan Bagi Pegawai Baru

Menindak serius jika sudah terlalu berlebihan

Meski mungkin kamu sudah berusaha keras untuk tak perduli dengan ucapan rekan kerjamu, namun tetap berikan batasan khusus yang dapat dilakukan. Batasan khusus tersebut dimaksudkan agar kamu dapat secara tegas merespon segala tindakan diskriminasi yang bahkan sudah melewati batasan. Jika kamu memperoleh tindakan diskriminasi yang dikenal sudah sangat kelewatan, maka jangan ragu untuk menindaknya tegas. Cara ini juga dilakukan untuk menunjukan posisimu sehingga tak sembarangan diusik oleh orang begitu saja.

Sekian artikel tentang tips hadapi diskriminasi bagi pegawai perempuan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar