3 Tips Jaga Kesehatan Mental bagi Pekerja
Siker.id | 07 May 2022 07:00


Bagikan ke
Jaga kesehatan mental (siker)

siker.id - Bekerja merupakan salah satu aktivitas umum yang tentunya dilakukan oleh hampir setiap orang. Kebutuhan atas pekerjaan menjadi satu hal penting, sehingga kadang kala terus dikejar meski pun beban kerjanya terasa tak ringan. Tak hanya sebatas mengenai efek fisik yang ditimbulkan dari pekerjaan yang terlalu banyak, namun hal ini juga bisa berdampak pada kondisi mental seseorang. Kondisi mental menjadi salah satu yang sulit untuk diatasi, sebab sering kali membutuhkan tenaga ahli untuk memberikan terapi agar kondisinya segera membaik. Untuk senantiasa menjaga kesehatan mental meski di tengan beban pekerjaan yang terlalu banyak dan berat, maka kamu dapat menerapkan beberapa tips penting yang berikut ini.

Baca juga: Berikut Penyebab Adanya Mental Block

Tidak memaksakan pekerjaan yang berat

Kamu tentu memahami bahwa tidak mudah melakukan pekerjaan dengan beban kerja yang berat. Tak sedikit orang yang akhirnya harus memaksakan diri sebab didorong oleh kebutuhan, sehingga tak memiliki opsi untuk sekadar mengistirahatkan diri. Padahal memaksakan diri tak hanya akan semakin berdampak pada kondisi tubuh, melainkan juga mental yang tak baik. Kondisi mental ini jelas akan membuat pekerjaan sulit terselesaikan dengan hasil yang sesuai, sehingga cukup berisiko apabila nekat untuk memaksakannya.

Menanamkan sugesti dan pemikiran positif

Tidak mudah untuk terus bekerja dengan lancar di tengah beban yang berat, apalagi bila kamu mungkin baru terjun dalam bidang pekerjaan tersebut. Sering kali tak hanya fisik yang akan dengan mudah mengalami kelelahan, namun juga pikiran dan mental yang banyak tersita. Cara terbaik mengatasi dan menjaga kesehatan mental saat bekerja adalah dengan menanamkan sugesti, serta pemikiran yang positif. Tentu dengan sugesti tersebut, maka kamu akan memiliki pandangan untuk terus memberikan yang terbaik, namun tidak sampai membebani diri sendiri. Dampaknya kesehatan mentalmu pun akan jauh lebih terjaga dengan baik.

Baca juga: Berikut Tips Melatih Mental Sebelum Masuk Dunia Kerja

Melakukan kegiatan menarik untuk menyegarkan pikiran

Kamu mungkin selalu ingin memberikan hasil pekerjaan yang baik, apalagi dengan segala beban yang berat dan ekspektasi yang tinggi. Namun, banyak pula yang menyepelekan kesehatan mental sehingga terus saja memaksakan diri padahal merasa tak nyaman saat bekerja. Jika kamu merasa mulai burn out dalam bekerja, maka cobalah untuk melakukan kegiatan yang menarik untuk menyegarkan pikiran. Cara tersebut lebih baik untuk membantum menghindari rasa stres berlebihan. Kamu memiliki kebebasan untuk menentukan apa kegiatan yang tepat, sebab dapat disesuaikan dengan hobi masing-masing.

Sekian artikel tentang tips jaga Kesehatan mental saat pekerjaan banyak. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Kesehatan Mental Karyawan Itu Penting?


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar