3 Penyebab Perlakuan Tidak Adil di Tempat Kerja
Siker.id | 06 May 2022 17:00


Bagikan ke
Penyebab perlakuan tidak adil (siker)

siker.id - Hampir sebagian orang banyak menghabiskan waktunya di tempat kerja, apalagi orang-orang yang memang bekerja di kantor. Hal ini membuat kantor sudah serasa seperti rumah kedua yang disinggahi hampir setiap harinya. Sayangnya, ternyata tak semua hubungan yang terjalin antar pegawai bisa dibilang baik. Bahkan, tak sedikit yang justru diperlakukan berbeda sebab beragam hal yang melatarbelakanginya. Jika kamu adalah salah satu pegawai yang diperlakukan berbeda oleh rekan kerja yang lainnya, kamu harus mengetahui beberapa penyebab berikut ini yang membuatmu memperoleh perlakuan demikian.

Baca juga: 3 Cara Melatih Sikap Kooperatif di Tempat Kerja

Kecemburuan sosial

Hal pertama yang dapat menyebabkan perlakuan berbeda dari rekan kerja ternyata bisa terjadi sebab kecemburuan sosial yang dimiliki. Contoh seperti ini sangat umum dirasakan oleh banyak pegawai, khususnya bagi mereka yang bahkan memiliki hubungan baik dan erat dengan atasan di kantor. Kecemburuan sosial inilah yang secara otomatis membuat hubungan antarpegawai juga jadi tak baik. Dampaknya, tak jarang pegawai yang dianggap berprospek baik justru jadi dijauhi atau bahkan diperlakukan berbeda karena rasa cemburu tersebut.

Kamu dianggap sebagai trouble maker

Semua pegawai di tempat kerja tentunya memiliki target dan impian penting dalam memperoleh hasil kerja yang maksimal. Sayangnya, ada saja beberapa pegawai yang tidak sejalan dengan visi misi yang dimiliki sehingga dianggap sebagai trouble maker di kantor. Hal ini akan terasa berbeda jika kamulah yang justru menjadi trouble maker dan sumber kekacauan dari perencanaan yang telah dibuat. Jika kamu tidak dapat mengubah sikap tersebut, jangan salahkan apabila rekan kerja lainnya justru menjauhimu atau memperlakukanmu berbeda.

Baca juga: 4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja

Senioritas yang berlebihan

Senioritas bagai dua sisi yang dapat memiliki makna berbeda. Bisa dikatakan senioritas mungkin erat kaitannya dengan hal negatif sebab dianggap melihat seseorang dari perspektif level yang subjetif. Namun, senioritas juga bisa dianggap positif sebab dapat dimaksudkan sebagai proses bimbingan bagi para pegawai baru lainnya. Sayangnya, beberapa perusahaan masih memiliki sistem senioritas yang berlebihan. Hal ini membuat banyak pegawai bisa saja diperlakukan berbeda sebab dianggap masih junior.

Sekian artikel tentang penyebab adanya perlakuan tidak adil di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Sikap Gaslighting di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar