4 Cara Ampuh Menghadapi Customer Yang Ribet
Siker.id | 04 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Tanpa customer pastinya bisnis tidak akan berarti apa-apa. Ada kalanya kita harus menghadapi beberapa karakteristik customer yang beragam dan unik, ada customer yang simple, ada juga customer yang senang berdebat, atau bahkan malah ada customer yang sangat picky. Tidak mudah ketika kita berurusan dengan customer yang ribet.

Namun, berikut ini ada beberapa cara yang ampuh ketika kita menghadapi customer yang ribet.

Baca juga : 3 Cara Mengispirasi Tim dalam Bekerja

1. Cobalah berurusan secara professional

Tidak ada seorang pun yang bisa mengendalikan perilaku orang lain sesuai dengan kehendaknya. Namun berita baiknya, Anda dapat mempengaruhi cara customer merespon Anda hingga taraf tertentu.

Saat berhadapan dengan customer yang menyampaikan keluhan dengan marah-marah, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencoba bersikap tenang dan profesional.

Tanyakan pada mereka, apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu. Jika Anda tidak menemukan jawaban dari pertanyaan yang Anda sampaikan, maka jangan terpancing untuk ikut berdebat, dengarkan saja keluhan-keluhan yang dikeluarkannya sebagai senjata, sambil terus melakukan kontak mata.

Tunjukkan bahwa Anda pun perduli dengan masalah yang dihadapi oleh customer, dan siap membantu ketika mereka mengijinkan Anda untuk “masuk”.

2. Berusaha tetap tenang

Seberapa pelik masalah yang ada di hadapan Anda, atau seberapa menyebalkan customer yang sedang berdiskusi dengan Anda. Tetaplah tenang dan kendalikan emosi Anda.

Ingat sikap dan perilaku yang Anda berikan akan kembali memantul pada diri Anda layaknya sebuah cermin. Jika Anda menanggapi keluhan dengan sebuah permusuhan, maka jangan harapkan Anda mendapatkan pengertian dari customer.

Baca juga : 3 Cara Melatih Sikap Kooperatif di Tempat Kerja

3. Jangan mudah tersinggung

Beberapa customer menganggap diri mereka sebagai raja, dan Anda yang merupakan bos dari bisnis Anda hanyalah alat pemuas seluruh kebutuhan customer. Jangan pernah tersinggung jika Anda menghadapi fakta yang demikian.

Tetap pertahankan profesionalisme Anda sambil melayani mereka sebaik mungkin.

4. Berlatih mendengarkan reflektif

Para customer yang complain tidak akan menyukai tanggapan seperti, “ saya mengerti akan masalah Anda, tetapi…”

Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari kata “tetapi” tersebut. Jika memang tidak memungkinkan bagi perusahaan Anda untuk memenuhi permintaan customer secara mutlak, maka tawarkanlah solusi lain yang lebih masuk akal dan membuat customer merasa didengarkan.

Namun yang perlu dihindari dari hal ini adalah memberi janji palsu yang tidak mungkin Anda kerjakan hanya demi mendapatkan hati customer.

 

Nah, itulah dia beberapa cara ketika Anda menghadapi customer yang ribet. Apabila segala cara di atas telah Anda lakukan dan tidak ada titik terang dari permasalahan yang terjadi, maka masalah sesungguhnya terletak pada customer tersebut, bukanlah Anda. Lebih Anda fokus pada customer baru. Semoga cara di atas dapat membantu Anda.

Sekian, jika ada kritik dan saran bisa di tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Hadapi Rekan Kerja Yang Bossy


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian