3 Alasan Perlu Beristirahat dari Pekerjaan Berat
Siker.id | 04 May 2022 12:00


Bagikan ke
Perlunya istirahat dari kerja berat (siker)

siker.id - Melakukan suatu pekerjaan memang menjadi rutinitas umum yang dimiliki oleh sebagian besar orang. Sering kali beban pekerjaan yang dimiliki setiap orang bisa berbeda-beda dan hal ini juga memengaruhi kualitas diri dalam mengerjakannya. Ada orang yang memiliki beban pekerjaan yang berat, namun senantiasa selalu memaksakan hal tersebut pada dirinya sendiri. Jelas saja hal ini akan memberikan efek yang kurang baik, baik dari segi fisik maupun psikologis. Untuk menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya memahami alasan perlunya istirahat dari rutinitas berat.

Baca juga: 3 Game Asah Otak buat Jeda Istirahat Kerja

Kesehatanmu adalah yang utama

Hal pertama yang harus kamu pahami dalam mengerjakan suatu pekerjaan adalah dengan memprioritaskan kesehatanmu terlebih dahulu. Kesehatan sejatinya adalah hal terpenting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Jika kamu memaksakan diri untuk bekerja dengan berlebihan, hal tersebut akan berdampak pada kesehatanmu. Jika kesehatanmu buruk, semua pekerjaan jelas tidak akan dapat terselesaikan dengan baik dan hal ini justru hanya akan menambah masalah tersendiri.

Kondisi psikologis akan mudah terpengaruh

Rasa lelah yang dimiliki oleh setiap orang tak hanya akan berdampak pada kondisi fisik seseorang. Hal ini juga bisa berdampak pada kondisi psikologis. tentu tak baik seseorang mengalami stres berlebih. Ketidakseimbangan mood, suasana hati yang berubah-ubah, hingga emosi yang mudah meledak jelas menjadi salah satu kondisi psikologis yang harus diwaspadai dengan baik. Jangan sampai justru kamu memaksakan diri sehingga memperoleh kondisi psikologis yang buruk.

Baca juga: 3 Alasan Perlunya Istirahat pada Akhir Pekan

Stres yang bisa berdampak pada depresi

Seseorang yang mengalami depresi bukan hanya disebabkan permasalahan pribadi, melainkan juga ada yang disebabkan urusan pekerjaan. Cikal bakal depresi ini dimulai dari stres akibat bobot pekerjaan yang dinilai berlebihan dan tidak logis. Itulah mengapa sebaiknya kamu dalam mengontrol diri untuk melakukan manajemen stres dengan baik. Banyak orang yang keliru dalam mengontrol stresnya sehingga berdampak pada rasa depresi. Padahal, seberapa pun bobot pekerjaan yang dimiliki, stres pasti akan selalu mengikuti.

Sekian artikel tentang alasan perlu beristirahat dari pekerjaan berat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Kegiatan yang Dilakukan Saat Istirahat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar