3 Cara Melatih Sikap Kooperatif di Tempat Kerja
Siker.id | 03 May 2022 07:30


Bagikan ke
Melatih sikap kooperatif (siker)

siker.id - Kooperatif merupakan salah satu sikap yang menunjukkan kemampuan kerja sama dengan baik. Gak ada sikap menentang orang lain atau kelompok tertentu. Untuk menggapai tujuan bersama seperti pekerjaan maupun proyek lainnya, ketika kamu memiliki sikap kooperatif, maka mencapai tujuan yang telah ditetapkan akan semakin mudah. Sikap seperti ini dapat mengurangi pemicu terjadinya konflik dan pertengkaran. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri bersikap kooperatif.

Baca juga: 4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja

Bekerja sama secara aktif

Bersikap kooperatif adalah sikap yang menunjukkan tentang kerja sama, gak menentang pihak yang lainnya, dan senang hati dalam berbagi, serta membantu satu sama lain, demi terwujudnya tujuan yang sudah ditentukan bersama. Maka dari itu, agar kamu selalu bersikap kooperatif, coba dan beranikan dirimu untuk lebih aktif lagi dalam sebuah kerja sama. Kerja sama yang baik adalah langkah awal mencapai sebuah keberhasilan. Namun demikian, untuk membangunnya memanglah gak mudah.

Saling melengkapi kekurangan yang dimiliki

Orang yang kooperatif, pastinya saat dia melihat ada kekurangan dalam diri orang lain yang ada di dalam satu kelompoknya, maka dia akan berusaha untuk melengkapi kekurangan tersebut. Jadi, bukan malah memperlihatkan kepada orang lain dengan menujukkan kekurangan individu tersebut. Bersikap kooperatif itu gak akan saling menjatuhkan teman satu kelompoknya. Bahkan, dengan orang yang berbeda kelompok saja, orang yang memiliki sikap kooperatif gak akan menjatuhkan atau menjelekkan orang lain.

Baca juga: 3 Sikap Gaslighting di Tempat Kerja

Tingkatkan kemampuanmu dalam bersosialisasi

Keterampilan diri terkait kegiatan bersosialisasi, dapat membantumu agar semakin mudah untuk memiliki sikap kooperatif dalam diri dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Latihlah dirimu agar selalu bersikap kooperatif, karena manfaatnya sangat banyak bagi kehidupan pribadi, pekerjaan, dan sosial. Terapkan kelima tips di atas, seiring berjalannya waktu, sikap kooperatif bisa tertanam kuat dalam diri. Bekerja sama dengan siapa saja akan terasa menyenangkan dan tanpa beban.

Sekian artikel tentang cara melatih bersikap kooperatif di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Batasan Tidak Dianggap Caper di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar