3 Cara Ampuh Hadapi Rekan Kerja Yang Bossy
Siker.id | 01 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id -  Punya teman kerja yang bossy? Apakah teman kamu suka banget mengatur atau berkuasa? Walau mungkin niatnya baik, tetapi orang seperti ini biasanya akan mengganggu waktu dan pekerjaanmu sehari-hari tentunya. Ketika ada kesalahan kecil, bisa jadi ia akan langsung menyuruh kamu untuk melakukan ini itu, padahal atasanmu saja belum tentu melakukan hal tersebut ke kamu.

Nah, berikut ini tips ketika menghadapi teman kerja yang bossy di kantor.

Baca juga : 3 Tips Memakai SEO pada Instagram

1. Tetap tenang

 

Kalau teman kerja terus-menerus mengatur, pasti akan ada saatnya kamu ingin meledak. Tetapi kamu harus tetap tenang dan fokuskan energi pada pekerjaan saja atau hal lain yang lebih penting. Jangan terbawa emosi, karena bisa saja malah kamu yang jadi dipanggil oleh atasan.

2. Bertindak sebagaimana kamu ingin diperlakukan

 

 

Alih-alih merespon dengan perilaku serupa, cobalah untuk respons teman tersebut dengan sopan. Kalau tidak tahan tapi juga tak ingin marah, kamu bisa coba merespons dengan nada yang asertif.

Ingat, asertif berbeda dengan menaikkan nada, ya. Beri tahu secara tegas bahwa kamu punya pekerjaanmu sendiri dan ingin menyelesaikannya secara optimal.

Baca juga : 3 Tips Lakukan Resign Secara Benar

3. Buat batasan yang jelas

 

Untuk menghadapi situasi ini, buat batasan yang jelas. Kalau yang ia atur sudah melewati batas, tak perlulah merespons. Mengapa? Sebab, kamu hanya akan membuang waktu dan tenaga saja. Kalau tidak merespons, ia akan tahu kalau ada batasan yang sudah dilewati. Tidak berubah juga? Langsung bicarakan batasan tersebut kepada rekan kerjamu.

Demikian 3 tips di atas untuk kalian yang menghadapi teman yang bossy di kantor, semoga dapat membantu ya. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menjadi Sosok yang Rajin


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar