Ketahui 4 Hal Saat Mudik Untuk Pekerja Yang Merantau
Siker.id | 30 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang mudik (siker.id/freepik)

siker.id - Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 sebentar lagi, pastinya menantikan momen dimana berkumpul bersama keluarga dan saudara. Apalagi untuk para pekerja yang merantau, sangat menantikan yang sudah menjadi tradisi selama bertahun-tahun saat Lebaran datang. Bagaimana tidak senang karena tahun ini sudah di perbolehkan pemerintah untuk mudik setelah melewati 2 tahun pandemi yang memberikan jarak kita semua dari momen-momen bersama keluarga.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan ketika para pekerja rantau melakukan persiapan mudik? Simak berikut ini.

Baca juga : Ketahui 5 Strategi Ini Buat Karyawan Jujur

1. Ketahui peraturan pemerintah

 

Persiapan mudik lebaran yang pertama dan paling penting adalah mencari informasi terbaru soal peraturan pemerintah. Pada tahun 2020 dan 2021 pemerintah melarang mudik untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Namun, jangan khawatir karena di tahun 2022, Presiden Jokowi sudah memperbolehkan mudik dengan syarat sudah melakukan vaksin 1 dan 2 serta booster.

Selain itu, cuti bersama juga sudah ditetapkan yaitu 29 April dan 4-6 Mei. Sementara itu, libur nasional Idulfitri jatuh pada 2-3 Mei.

2. Pastikan sudah menyiapkan dana untuk mudik

Mudik ke kampung halaman membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu bekerja di kota yang jaraknya jauh dari rumah.

Selain itu, tiket transportasi umum juga akan mengalami kenaikan saat mendekati Idul Fitri. Jadi, kamu harus menyiapkan dana khusus untuk membeli tiket.

Baca juga : 5 Keuntungan Menggunakan Influencer Untuk Bisnis Anda

3. Pastikan pekerjaan beres sebelum mudik

 

 

Bagi karyawan yang akan cuti, sudah menjadi keharusan untuk memastikan pekerjaan telah beres semuanya sebelum meninggalkan kantor. Misalnya ada beberapa project yang deadline-nya dekat dengan tanggal cutimu, sebaiknya segera selesaikan terlebih dahulu.

Pasti kamu tidak mau mudik dan liburan dengan membawa tugas kantor, kan? Maka, sebaiknya jangan tunda lagi untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum cuti.

4. Jaga kesehatan

Meskipun izin cuti dan tiket sudah di tangan, tapi jika kesehatan memburuk tentunya akan membuat perjalanan mudikmu tak bisa berjalan lancar. Jaga asupan berbuka dan sahur dengan makanan yang bergizi. Lalu, cukupi kebutuhan air agar kamu tak dehidrasi.

Nah, itulah dia 4 hal yang harus diperhatikan para pekerja rantau ketika akan melakukan mudik, semoga bermanfaat. Demikian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa Anda tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut Cara Aman Menikmati Kerja Saat Liburan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian