3 Tips Memilih Webcam yang Baik
Siker.id | 01 May 2022 07:30


Bagikan ke
Tips memilih webcam (siker)

siker.id - Webcam adalah singkatan dari web camera, yaitu sebuah perangkat yang memiliki fungsi sebagai kamera yang dapat langsung terhubung ke komputer dan laptop. Tidak seperti kamera digital yang menyimpan gambar di dalam memory card, webcam mampu mengirimkan gambar secara langsung menggunakan internet. Saat pertama muncul, webcam dijual terpisah dari perangkat komputer. Namun kini, webcam sudah menjadi satu kesatuan dengan perangkat laptop, tetapi semakin banyak kebutuhan akan webcam laptop yang terpisah karena kualitasnya yang lebih baik. Sebelum membelinya pastikan dulu beberapa tips dalam memilih webcam yang bagus.

Baca juga: 3 Rekomendasi Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa

Resolusi webcam

Resolusi webcam adalah faktor yang paling penting yang harus kamu pertimbangkan saat memilih webcam laptop. Sesuaikan besaran resolusi dengan kebutuhanmu terhadap webcam laptop ini. Untuk kebutuhan video conference, umumnya resolusi yang digunakan adalah 320 x 240 piksel. Namun untuk merekam video, pilihlah resolusi yang lebih besar misalnya 640 x 480 piksel agar hasil video lebih jelas dan bersih. Jika kamu menginginkan resolusi yang lebih tinggi kamu bisa mencari webcam laptop dengan resolusi 1280 x 960 piksel.

Tipe koneksi pada webcam

Seperti yang sudah disebutkan di atas, saat ini tersedia webcam dengan kabel atau tanpa kabel (wireless). Jika kamu memilih tipe koneksi USB 2.0 atau 3.0 umumnya data yang dikirimkan lebih cepat, namun kabel yang tersambung biasanya tidak lebih dari 1,5 meter. Sedangkan untuk webcam wireless yang menggunakan fitur bluetooth atau WiFi, kamu akan diunggulkan dengan kemudahan webcam tanpa kabel, sayangnya webcam tipe ini harganya cenderung lebih mahal.

Baca juga: 3 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Desain Grafis

Matriks di dalam webcam

Matriks adalah sebuah permukaan yang mengizinkan cahaya masuk dan menghasilkan impuls. Ada dua jenis matriks, yaitu CCD dan CMOS. Umumnya, webcam laptop menggunakan matriks CMOS karena harganya lebih terjangkau. Sementara webcam laptop yang menggunakan matriks CCD biasanya akan menghasilkan suara berisik karena cahaya yang masuk tidak cukup.

Sekian artikel tentang tips memilih webcam yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tools Pendukung Bisnis Online


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar