3 Tips Membaca Teleprompter Layaknya Pembaca Berita
Siker.id | 28 Apr 2022 07:00


Bagikan ke
Teleprompter (siker)

siker.id - Ketika sedang berbicara di depan kamera, baik itu saat membuat konten, pidato, presentasi atau yang lainnya, pasti tidak ingin jika bicaranya terlihat terbata-terbata atau bahkan tidak tahu mau ngomong apa. Ketimbang harus mengingat deretan teks atau menggunakan kartu panduan, gunakan saja layar baca atau yang lebih dikenal dengan istilah teleprompter. Teleprompter adalah perangkat display elektronik yang menampilkan teks berjalan yang harus dibaca, sehingga kesannya terlihat berbicara lisan tanpa membaca teks. Berikut ini adalah beberapa tips membaca dari teleprompter.

Baca juga: 7 Posisi Dan Jenjang Karir Di Bank

Hindari pergerakan mata

Ketika membaca teks dari teleprompter, jangan sampai mata kamu terlihat bergerak ke kanan ke kiri seperti orang yang sedang membaca. Untuk menghindari hal ini ada beberapa cara. Pertama, kamu dapat mengurangi area teks sehingga kamu membaca dengan margin yang lebih sempit. Kedua, kamu dapat memperbesar ukuran teks sehingga mata tetap fokus di tengah layar. Jarak antara kamu dengan perangkat teleprompter akan menentukan seberapa banyak kamu perlu menyesuaikan kedua faktor ini.

Bersikap wajar dan alami

Masalah yang sering ditemui saat menggunakan teleprompter adalah si pembacanya terlalu fokus membaca teks teleprompter dan malah terlihat jadi kaku, mirip robot. Ingat, saat membaca dari teleprompter, usahakan terlihat seperti sedang tidak membaca sesuatu. Buatlah seakan-akan kamu seperti sedang ngobrol biasa, tersenyum, menggunakan gerakan tangan, dan mengubah intonasi untuk mengurangi kemonotonan.

Baca juga: 3 Manfaat Menyalurkan Hobi untuk Kemajuan Karir

Postur tubuh yang baik

Mempertahankan postur tubuh yang baik akan meningkatkan penampilan dan suara kamu. Cara yang baik untuk menjaga postur adalah dengan duduk di tepi kursi, atau sambil berdiri.

Sekian artikel tentang tips membaca teleprompter layaknya pembaca berita. bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar