3 Tips Memakai SEO pada Instagram
Siker.id | 27 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
SEO pada instagram (siker)

siker.id - SEO dikenal sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari dan mengarahkan traffic ke dalam sebuah situs. Tapi, tahukah kamu teknik SEO ini juga dapat diterapkan pada media social seperti instagram? Penerapan teknik SEO di Instagram dapat membantu kamu dalam mengembangkan akun Instagram brand hingga memperluas jangkauan dan peluang bagi audiens untuk terlibat dengan brand. Lalu bagaimana cara menerapkan SEO pada Instagram? Berikut penjelasannya!

Baca juga: 4 Media Sosial untuk Desainer Grafis

Sertakan kata kunci utama pada username dan display name

Cobalah masukkan kata kunci utama atau prioritas dari brand atau usaha kamu ke dalam username dan display name akun Instagram kamu. Pasalnya, Instagram dilengkapi dengan fungsi pencarian yang dapat berfungsi layaknya mesin pencari Google. Ketika pengguna mencari sesuatu di fitur tersebut, maka akun pertama yang akan muncul adalah akun yang memiliki target kata kunci tersebut di username atau display name akun mereka.

Gunakan alt text

Instagram telah menerapkan fitur alt text ke dalam aplikasi sehingga pengguna dapat menambahkan alt text pada semua gambar yang mereka unggah. Serupa dengan teknik SEO pada umumnya, menambahkan teks alternatif ke dalam postingan gambar menjadi cara lain mengoptimalkan Instagram kamu. Penambahan alt text di dalam foto Instagram memiliki fungsi untuk membantu pengguna memahami apa foto tersebut jika misalnya jika Instagram gagal memuat foto tersebut atau jika pengguna tidak dapat melihat foto tersebut karena alasan penglihatan.

Baca juga: 3 Media Sosial Pilihan Digital Marketer

Sertakan kata kunci pada caption

Meskipun kamu sudah menempatkan kata kunci pada hashtag, namun jangan lupakan untuk tetap menyertakan kata kunci turunan atau terkait dalam caption teks postingan Instagram kamu. Hal ini diperlukan karena bagian caption pada Instagram berperan layaknya judul artikel dalam teknik SEO. Oleh karena itu tidak hanya fokus membuat caption yang menarik, kamu harus tetap menyertakan beberapa kata kunci di dalamnya agar hasil optimasi lebih maksimal.

Sekian artikel tentang tips pemakaian SEO pada instagram. bIla menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Kemajuan Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar