3 Strategi Mengendalikan Kecemasan dalam Bekerja
Siker.id | 27 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Strategi mengendalikan kecemasan (siker)

siker.id - Banyak orang mengembangkan gangguan kecemasan sebagai akibat dari kondisi kerja yang penuh tekanan. Lingkungan kerja yang beracun atau tugas yang membuat stres dapat menciptakan stres kronis dan menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental jangka panjang bagi orang-orang. Kecemasan dalam pekerjaan adalah kenyataan yang kita semua hadapi. Oleh karena itulah, hal ini harus diatasi dengan baik agar tidak mengganggu karir dan pekerjaanmu. Berikut strategi jitu mengendalikan kecemasan dalam bekerja.

Baca juga: Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai PPPK

Kenali penyebab kecemasan itu

Lingkungan kerja semakin kompetitif dan peraturan terus berubah. Kehilangan pekerjaan sekarang diharapkan dalam karir seseorang dan loyalitas kepada perusahaan tidak ada lagi, juga tidak diharapkan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengetahui apa pemicu kecemasanmu itu. Mengetahui apa yang memicu kecemasanmu adalah satu langkah besar menuju secara proaktif menghadapi kecemasan dan situasi stres yang kamu hadapi di tempat kerja.

Putuskan sambungan secara teratur

Ada waktu dan tempat untuk bekerja, dan ada waktu dan tempat untuk relaksasi dan istirahat. Luangkan waktu untuk merenung dan beristirahat. Buatlah aturan untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah atau berdiskusi dengan teman dan keluarga berapa banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan. Alokasikan akhir pekan sesekali di mana kamu memutuskan sambungan dari segala bentuk teknologi, seperti internet, tidak ada telepon, tidak ada media sosial, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja Di BUMN

Fokus pada yang positif

Saat menghadapi situasi kerja yang penuh tekanan, akan sangat sulit untuk bangun setiap hari dan pergi bekerja dengan perasaan bahagia. Ketika kamu lelah, cemas dan takut, sulit untuk membawa dirimu keluar dari tempat keputusasaan ke salah satu kepositifan dan kegembiraan. Oleh karenanya, luangkan waktu sejenak, duduk, dan tulis daftar semua hal positif dalam hidupmu.

Sekian artikel tentang tips strategi mengendalikan kecemasan dalam bekerja. bIla menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Manfaat Bekerja Sebagai Food Blogger


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar