3 Faktor yang Menguatkan Sebuah Tim
Siker.id | 27 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Penguat kerja tim (siker)

siker.id - Apakah bekerja dalam tim lebih mudah daripada bekerja secara individual? Tidak juga, sebab masing-masing memiliki tantangan yang berbeda dan tak semua orang cocok melakukannya. Bekerja dalam tim kerap dipandang lebih gampang karena ada banyak orang untuk menyelesaikan sebuah tugas. Faktanya, menyatukan orang dengan karakter yang berbeda-beda guna mencapai tujuan bersama itu gak simpel. Untuk terbentuknya tim yang kuat, ternyata ada sejumlah faktor yang memengaruhi. Apa saja itu? Mari cek satu-satu!

Baca juga: 5 Cara Untuk Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Kepemimpinan yang kuat

Figur pemimpin tim juga sangat penting untuk memandu jalannya kerja sama. Walaupun semua orang dalam tim berkarakter baik dan punya skill masing-masing, tidak semuanya cocok untuk menjadi pemimpin. Maka dari itu, jangan salah dalam memilih pemimpin. Jiwa kepemimpinannya harus kuat. Tanpanya, anggota pasti sulit patuh terhadap instruksi-instruksi yang diberikannya.

Keterbukaan dan kepercayaan satu sama lain

Sikap menutup-nutupi sesuatu dari anggota tim yang lain dapat berujung pada kesalahpahaman. Anggota yang lain menjadi tidak mengetahui sesuatu secara lengkap dan ini menghambat pekerjaannya. Sangat berbeda dengan ketika kamu bekerja secara individual. Semua informasi hanya milikmu. Kamu boleh menyimpan semuanya cuma buat diri sendiri dan keterbukaan ini berhubungan langsung dengan kepercayaan.

Baca juga: 4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja

Kesamaan tujuan

Sering kali sulit untuk menyadarkan para anggota perihal tujuan bersama yang wajib diutamakan. Banyak orang bekerja semata-mata untuk mendapatkan uang buat diri sendiri dan keluarga. Ini membuat kesadaran mereka terhadap tujuan memajukan tempat kerjanya menjadi rendah. Mereka tidak cukup peduli pada maju atau mundurnya tempat kerjanya, yang penting masih digaji. Tujuan bersama, yaitu memajukan tempat kerja, harus disepakati di awal dan ditempatkan di atas tujuan-tujuan lain yang bersifat pribadi.

Sekian artikel tentang faktor yang menguatkan sebuah tim. bIla menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Ciptakan Aura Positif di Lingkungan Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar