3 Alasan Harus Memiliki Personal Boundaries
Siker.id | 27 Apr 2022 13:00


Bagikan ke
Personal boundaries (siker)

siker.id - Istilah personal boundaries akhir-akhir ini cukup sering bermunculan, baik itu di artikel maupun media sosial. Perlu diketahui, personal boundaries sendiri merupakan suatu batas ruang antara diri kita dengan orang lain untuk melindungi privasi. Tapi sayangnya, di era sekarang ini batasan privasi seringkali dilupakan. Banyak sebagian dari kita yang saling ikut campur dalam urusan orang lain bahkan sampai melanggar ranah privasi. Padahal menetapkan batasan diri sendiri itu penting, lho. Berikut ini alasan mengapa kamu harus memiliki personal boundaries.

Baca juga: 3 Tips Membentuk Personal Branding yang Baik

Sebagai bentuk rasa cinta terhadap diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah keharusan bagi kita semua. Selayaknya orang lain, dirimu juga patut diapresiasi dan diperhatikan. Tapi sayangnya, bentuk rasa cinta terhadap diri sendiri ini turut berkurang ketika ada orang yang terlalu ikut campur urusan pribadi sehingga menjadikan permasalahan semakin rumit. Self love atau mencintai diri sendiri merupakan alasan penting mengapa kamu harus memiliki personal boundaries. Batasan diri membuatmu terhindar dari campur tangan orang lain secara berlebihan.

Sebagai bentuk menghormati antar sesama

Tentu kita sudah paham betul dengan nasihat untuk bisa saling menghormati antar sesama. Sayangnya, sikap menghormati ini akan memudar ketika kamu sudah berteman akrab dengan orang lain. Sopan santun dianggap sebelah mata sehingga tanpa sadar kamu mengabaikan etika. Inilah salah satu alasan utama mengapa kamu harus memiliki personal boundaries yang jelas. Batasan diri membuatmu sadar sedekat apapun kamu dengan teman tapi di antara kalian tetaplah antar individu yang berbeda.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial

Menjaga privasi

Permasalahan dan informasi pribadi menjadi hal yang pantang untuk diumbar. Tapi jika mencermati lingkungan sekitar, banyak dari kita yang tidak mengindahkan hal tersebut. Hanya karena merasa akrab, pada akhirnya kita berbagi informasi dan permasalahan pribadi secara berlebihan. Padahal ini bukan perilaku yang tepat, lho. Salah satu alasan mengapa kamu harus bisa menetapkan personal boundaries yang tegas yaitu untuk menjaga privasi. Batasan pribadi yang tegas menghindarkanmu dari perilaku oversharing apalagi sampai mengumbar aib diri sendiri.

Sekian artikel tentang alasan kamu harus memiliki personal boundaries. bIla menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Membangun Personal Branding Sebelum Melamar Kerja?


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar