4 Kebiasaan Gamer Yang Akan Berdampak Buruk Kedepannya
Siker.id | 27 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gamer sedang bermain gamer (siker.id/freepik)

siker.id - Salah satu kegiatan untuk mengisi waktu kosong adalah video game. Ketika memainkan video game berlebihan dapat berdampak dalam personalitas dan karakter seseorang, karena sudah dibawa melebihi batas wajar hingga lupa kewajiban lain, lebih baik kamu harus stop dan mengontrol batas memainkan game tersebut. 

Dibawah ini beberapa dampak jika kamu menjadi addict terhadap game hingga melebihi batas wajar.

Baca juga : Berikut 5 Dampak Buruk dari Workaholic

1. Bergadang berlebihan di malam hari

 

 

Ada ribuan cara sebuah game dapat membuatmu tak mau stop bermain, beberapa game bahkan didesain untuk membuatmu dedikasi besar akan game tersebut dengan pancingan reward tertentu. Ketagihan video game ini pasti pernah membuatmu malas untuk tidur dan ini terus main hingga mata tidak kuat lagi.

Sayangnya dampak negatif dari kurang tidur ini jauh lebih besar dari itu. Orang yang kekurangan waktu tidur malam beresiko lebih tinggi dalam penyakit serius seperti kanker, diabetes, obesitas, dll. Selain itu kekurangan tidur dapat menurunkan daya pikir, daya ingat, serta mood penderitanya. Apabila kamu masih sayang akan tubuhmu, maka mungkin saatnya untuk lebih diatur waktu bermainmu.

 

2. “Satu game ajalah” saat kerjakan tugas

Ekspektasi kita selalu berpikir jika kita akan bermain game itu sekali lalu lanjut selesaikan tugas, tetapi kenyataannya adalah kamu keasyikan main dan lupa untuk lanjutkan tugas tersebut hingga tengah malam.

Hal terburuk yang bisa terjadi karena kebiasaan ini ialah saat berkerja nanti. Bayangkan apabila kalian melakukan hal ini dalam perkerjaan lain, seberapa besar konsekuensi yang akan kamu hadapi ketika kebiasaan ini menimbulkan dampak yang buruk akan pola kerjamu?

Cobalah untuk hentikan kebiasaan ini dan selalu fokus pada perkerjaan yang lebih penting sebelum kembali bermain game.

Baca juga : Berikut 5 Dampak Buruk Menjadi People Pleasure

3. Salty berlebihan dan tidak terkontrol

 

 

Merasa emosi saat kalah itu biasa, tetapi tak berarti kamu harus teriak ngamuk kepada timmu. Menjadi sosok yang mudah marah bukanlah hal yang baik, orang lain tidak senang ketika menghadapi orang yang mudah naik darah dan galakt. Saat kamu terlalu salty saat bermain, ada kemungkinan pertengkaran bisa terjadi. 

Ini mungkin bodoh dan terlalu berlebihan, tetapi bayangkan apabila amarah tidak terkontrol tersebut terbawa di luar gaming. Cobalah untuk selalu mengatasi masalah dan kekalahanmu dengan kepala dingin, kehilangan beberapa poin atau bahkan turun rank bukanlah masalah besar dan tidak ada yang peduli akan seberapa tinggi rank yang kamu miliki kecuali kamu pemain profesional.

4. Obsesi ingin mengubah gaming menjadi karir

Jangan terlalu berharap dapat mengubah hobi gaming-mu sebagai karir di masa depan. Banyak layanan streaming sekarang yang iklankan seorang gamer menjadi sosok yang sukses dengan hanya modal bermain game, tetapi kenyataannya tidaklah semudah itu. Kamu perlu talenta agar dapat membuat dirimu menarik di mata penonton. 

Intinya adalah mimpi ingin mengubah hobimu ini menjadi karir boleh saja, tetapi jangan sampai terlalu fokus hingga melepaskan berbagai skill dan kesempatan lain untuk impian tersebut. Selalu imbangkan kedua hal tersebut hingga kamu dapatkan kesuksesan tersendiri dari dunia gaming ini. 

Demikian 7 kebiasaan gamer yang akan berdampak buruk nantinya. Dampak buruk tersebut terkadang bukan datang dari aktifitasnya, namun intensitas yang berlebihan, ataupun pola kebiasaan yang salah tentunya membuat aktifitas gamingmu menjadi buruk.

Sekian artikel ini, semoga dapat membantu kalian. Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Dampak Overthinking Bagi Karyawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian