icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Membuat Cerita yang Menarik
Siker.id | 26 Apr 2022 20:30


Bagikan ke
Cara membuat cerita (siker)

siker.id - Tidak ada tolok ukur pasti bagaimana sebuah cerita dianggap baik. Tetapi, kamu bisa melihat bagaimana reaksi pembaca ketika membaca sebuah cerita. Selain itu, lihat juga apakah ada nilai yang bisa diambil dari cerita tersebut, baik pada cerita fiksi maupun cerita non-fiksi. Meski terdapat banyak genre tulisan yang ada di luar sana, tetapi cerita yang baik haruslah memiliki pesan moral, poin pembahasan yang menarik, dan alur cerita yang menawan agar memikat atensi masyarakat untuk membaca. Buatlah cerita dengan alur dan pembahasan yang dikemas secara alami sehingga pembaca juga dapat menarik pemahaman yang sama dengan tujuan kamu menulis cerita tersebut. Berikut ini tips cara membuat sebuah cerita yang menarik.

Baca juga: 3 Cara Produktif Menulis Jurnal Harian

Tentukan tema yang jelas dan outstanding

Ketika ingin menulis, kamu harus tau apa pembahasan yang akan kamu angkat pada cerita tersebut. Cobalah pilih satu tema yang menarik untuk dibahas. Nantinya, topik ini bisa berisikan beberapa chapter atau sub bab sehingga ceritamu tidak terlihat bertele-tele dan tidak membuat pembaca malas melihat tulisan yang terlalu panjang. Ada banyak tema yang bisa kamu pilih dari berbagai sumber. Misalkan dari hasil pikiran-pikiran fantasi yang muncul dalam benakmu, atau bisa juga dari kehidupan nyata yang kamu atau orang terdekat alami.

Kenali siapa target pembaca

Tidak semua cerita bisa dikonsumsi oleh semua umur. Jika topik atau tema yang kamu angkat adalah tema mengenai anak remaja, percintaan remaja, atau bahkan kondisi seseorang saat mengalami quarter life crisis, maka kamu bisa menyesuaikan bahasa yang digunakan dengan tone bahasa yang ringan. Perhatikan juga pemilihan kata atau istilah yang dipakai agar pembaca bisa dengan mudah memahami isi cerita kamu.

Baca juga: 4 Fungsi Page Layout dalam Dunia Menulis

Gunakan teknik storytelling

Banyak penulis mengatakan bahwa cara membuat cerita yang menarik tidak terlepas dengan teknik storytelling. Metode storytelling tidak hanya digunakan pada media audio atau penyampaian verbal saja, tetapi juga bagus diterapkan ketika membuat cerita. Dasar storytelling akan membuat para pembaca merasa nyaman saat mengikuti alur cerita kamu.

Sekian artikel tentang cara membuat cerita yang menarik hati. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar