3 Jenis Promosi yang Sering Dipakai
Siker.id | 26 Apr 2022 17:30


Bagikan ke
Jenis promosi (siker)

siker.id - Perusahaan dan usaha kecil sering menggunakan promosi produk sebagai alat pemasaran untuk mendatangkan pelanggan. Promosi produk dirancang untuk menyoroti merek baru atau barang tertentu. Misalnya, promosi pemasaran dapat memperkenalkan item makanan di restoran atau jual beli satu di supermarket. Terdapat beberapa jenis promosi yang biasa dipakai perusahaan dan terbagi dalam 3 jenis promosi. Promosi-promosi ini adalah:

Baca juga: 3 Trend Email Marketing Pada Tahun 2022

Physical promotions

Physical promotions atau biasa disebut promosi fisik, biasa dilakukan pada acara atau sebuah kegiatan tertentu, contohnya seperti pameran, konser, event tertentu, dan lainnya. Kegiatan promosi ini, biasanya penjual membuka booth untuk menawarkan produk yang ingin dipasarkannya. Kelebihan dari promosi ini adalah memungkinkan sebuah pengusaha untuk menjangkau dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen atau target pasar yang dituju. Sedangkan kekurangan dari promosi ini adalah jumlah target pasar atau konsumen yang ditawarkan terbatas.

Promotion through traditional media

Promotion through traditional media adalah jenis promosi yang masih sangat efektif dalam meningkatkan penjualan sebuah produk. Promosi melalui media cetak, televisi, banner, baliho, dan lainnya. Jenis promosi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan physical promotions atau promosi fisik, yaitu dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu yang lama. Namun, jenis promosi yang satu ini memiliki kekurangan, yaitu tingginya biaya promosi, baik dari segi media maupun biaya, serta kita tidak dapat berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

Baca juga: 3 Trend Content Marketing Tahun 2022

Promotion through digital media

Jika dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan media telah mengubah cara promosi di era digital saat ini. Promosi melalui digital kerap dilakukan melalui media sosial, jaringan website, search engine, dan lainnya. Saat ini perusahaan lebih memilih untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet atau digital media. Selain harganya yang lebih murah, promosi ini juga dapat menjangkau banyak orang. Proses promosi ini juga dinilai lebih mudah dan cepat, apalagi saat ini semua orang dapat mengakses internet dengan mudah. Promosi ini juga memiliki keunggulan yang dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia. Namun, kurangnya promosi digital ini adalah perlunya kreativitas dalam berpromosi secara terus menerus.

Sekian artikel tentang jenis-jenis promosi yang sering dipakai. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Jenis Teknik Pemasaran Direct Marketing


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar