Ini 4 Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengatur Keuangan
Siker.id | 27 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Mengatur keuangan memang bukan hal yang mudah dilakukan. Pasalnya, banyak orang yang masih merasa kesulitan mengatur pengeluaran walaupun sudah bekerja bertahun-tahun.

Untuk kamu para fresh graduate coba perhatikan kesalahan-kesalahan yang harus bisa kamu hindari ketika menerima gaji pertama untuk mengatur keuangan kamu berikut ini.

Baca juga : Hindari Kesalahan ini Saat Melamar Kerja

1. Tidak segera membuat tabungan

 

Saat mendapatkan gaji, mereka cenderung membiarkan uangnya dalam satu rekening saja. Padahal, sangat diperlukan membuka rekening lain yang khusus digunakan untuk menabung.

Meskipun kamu masih muda dan baru saja bekerja, tidak ada salahnya untuk segera membuat tabungan hari tua atau melakukan investasi yang bisa berguna di masa depan.

2. Memaksakan diri untuk delalu mentraktir teman

 

Saat baru pertama kali bekerja pastinya kamu merasa sangat bangga karena sudah bisa memiliki uang sendiri dan tidak bergantung lagi pada orang tua. Memang tidak ada salahnya jika kamu ingin membagikan kebahagiaanmu dengan mentraktir sahabat terdekat. Hal itu malah bagus karena bisa memotivasimu untuk lebih bekerja keras.

Namun, kebiasaan mentraktir ini juga tidak baik jika terus dilakukan apalagi sampai memaksakan diri hanya demi dianggap teman yang baik.

Baca juga : 3 Kesalahan Freelancer saat Mengatur Pekerjaan

3. Menjalani gaya hidup yang terlalu mahal

Bagi seorang fresh graduate yang baru bekerja, update berbagai kebutuhan gaya hidup memang cukup menggoda. Sayangnya, masih banyak fresh graduate yang baru bekerja lebih sering terlena dan menghabiskan uangnya dengan berbelanja barang mahal.

Selain itu, demi konten di media sosial tidak sedikit yang memilih makan di restoran yang mahal dan membeli barang branded yang harganya fantastis. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin menyesal di kemudian hari, sebaiknya kontrol diri sendiri dan tidak memaksa gaya hidup di luar kemampuan.

4. Tidak memiliki asuransi

 

The Simple Dollar menjelaskan bahwa memiliki asuransi sangatlah penting karena sebagai bentuk antisipasi kejadian buruk atau musibah yang bisa terjadi di masa depan. Meskipun saat ini kamu masih muda dan memiliki tubuh yang sehat dan bugar, tidak ada salahnya untuk memiliki asuransi kesehatan.

Jadi, saat tiba-tiba sakit dan membutuhkan banyak dana untuk berobat, kamu tidak perlu khawatir soal biaya karena sudah memiliki asuransi.

Demikian artikel ini menjelaskan tentang kesalahan apa saja yang perlu dihindari fresh graduate dalam mengatur keuangannya, semoga dapat membantu kalian para fresh graduate yang baru bekerja. Sekian, jika ada kritik dan saran bisa kalian tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Public Speaking


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar