3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Purchasing Staff
Siker.id | 26 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Skill purchasing staff (siker)

siker.id - Hampir setiap hari perusahaan memesan barang atau bahan bahan baku ke supplier-nya. Nah, Purchasing Staff adalah orang yang bertanggung jawab dalam hal ini. Bagi perusahaan, Purchasing Staff adalah bagian penting dalam menjaga alur pembelian barang tetap lancar, efisien, dan menghasilkan keuntungan bisnis. Bagi kamu yang ingin bekerja dibagian purchasing staff ini kamu perlu tahu dulu apa skill yang wajib dikuasai oleh seorang purchasing staff. Berikut ini beberapa skill yang wajib kamu kuasai.

Baca juga: 4 Skill yang Harus Dikuasai Montir

Komunikasi

Sudah disinggung sedikit di atas, Purchasing Staff adalah orang yang harus banyak berkomunikasi dengan supplier, mitra bisnis, pelanggan, atau bahkan antar divisi perusahaan, seperti tim inventaris dan akuntansi. Maka itu, skill komunikasi yang dimiliki Purchasing Staff adalah salah satu keharusan. Agar setiap proyek berjalan lancar dan tidak ada kesalahpahaman.

Networking

Skill selanjutnya dari Purchasing Staff adalah networking. Setidaknya, memiliki kenalan dari industri bahan baku, jasa ekspor-impor, atau digital agency. Nantinya, networking ini akan sangat membantu kinerja Purchasing Staff, terutama agar proses pembelian berlangsung mulus. Jika butuh bahan baku atau barang tertentu, kemungkinan yang bisa dilakukan Purchasing Staff adalah menghubungi kenalan atau networking yang dimilikinya agar bisa mendapatkan harga terbaik bagi perusahaan.

Baca juga: 3 Skill-set yang Harus Dimiliki oleh Blogger

Mengorganisir arsip

Di era digital, arsip atau berkas yang dibutuhkan dalam proses pembelian barang bisa disimpan dalam komputer atau Cloud. Meski begitu, salah satu skill Purchasing Staff adalah mampu mengorganisir berkas-berkas ini dengan efisien, baik secara digital maupun berkas kertas. Dokumen Purchasing Staff adalah termasuk aset yang kadang bersifat confidential. Maka, harus disusun, disimpan, dan diorganisir secara rapi dan efisien.

Sekian artikel tentang skill wajib sebagai seorang purchasing staff. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Skill yang Harus Dikuasai Public Relation


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar