4 Aplikasi yang Bisa Menggunakan Remote Access
Siker.id | 26 Apr 2022 11:30


Bagikan ke
Aplikasi remote access (siker)

siker.id - Remote access adalah sebuah sistem dimana perangkat yang sedang kamu gunakan bisa mengakses perangkat lainnya meskipun dalam jarak jauh, dengan syarat bahwa kamu sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama. Sistem ini sering digunakan perusahaan yang karyawannya bekerja secara WFH atau perusahaan yang memiliki kantor cabang di beda kota. Sehingga, untuk mengakses dokumen di pusat, karyawan hanya perlu menggunakan teknologi remote access dan tersambung dengan server. Untuk menggunakan remote access diperlukan aplikasi yang bisa mengaksesnya, dan berikut daftarnya!

Baca juga: 3 Aplikasi Transfer Uang untuk Kemudahan Transaksi

TeamViewer

TeamViewer adalah contoh aplikasi yang terkenal di kalangan masyarakat untuk mengaktifkan sistem remote access di sebuah laptop. Cara penggunaannya cukup simple dengan tampilan aplikasi yang mudah dipahami. Agar dapat terhubung dengan perangkat lainnya, pastikan bahwa perangkat target tersebut juga telah menginstal aplikasi TeamViewer, ya. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis maupun berlangganan secara berbayar.

RemotePC

Aplikasi remote access dari iDrive ini cukup praktis digunakan dan punya fitur-fitur yang berbeda dari aplikasi sejenisnya. RemotePC dapat diakses melalui handphone dan dapat dioperasikan menggunakan browser saja. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan lain seperti setting privasi, berbagi file, dan fitur chat. Melihat banyaknya fitur yang disediakan, tak heran jika RemotePC tidak menyediakan aplikasi remote access gratis pada produknya. Kamu harus membayarkan sekitar $30 per tahun untuk menikmati berbagai fitur yang ada.

Baca juga: 3 Rekomendasi Aplikasi Kerja Terbaik Untuk Para Jobseeker

Chrome remote desktop

Chrome remote desktop adalah sebuah extension gratis dari Google Chrome yang bisa kamu coba. Cara kerja dari extension ini hampir sama dengan aplikasi lainnya, yaitu perangkat target yang akan dihubungkan juga harus memiliki extension Chrome remote desktop. Aplikasi remote access ini tidak dilengkapi dengan fitur yang terlalu kompleks, namun bisa juga digunakan untuk mengendalikan smartphone.

Microsoft remote desktop

Aplikasi Microsoft remote desktop merupakan software bawaan yang cocok untuk Windows 8 dan Windows 10. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini, yaitu kamu dapat berbagi file hingga mengendalikan perangkat smartphone. Tetapi sayangnya, jika kamu sudah terhubung dengan perangkat yang dituju, maka pengguna pada akun tersebut akan log out secara otomatis.

Sekian artikel tentang jenis-jenis aplikasi yang bisa menggunakan remote access. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Aplikasi Pendukung Content Creator


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar