3 Metode Remote Access yang Sering Dipakai Perusahaan
Siker.id | 26 Apr 2022 10:00


Bagikan ke
Metode remote access (siker)

siker.id - Sistem kerja work from anywhere kini sudah tidak asing lagi diterapkan perusahaan. Artinya, kamu bisa bekerja di mana pun, meskipun itu jauh dari kantor tempat kamu berada. Agar tetap bekerja secara optimal, kebanyakan perusahaan telah menerapkan remote access yang memudahkan pekerjaan. Remote access sendiri dipergunakan sebagai media dalam mengakses jaringan maupun peralatan dalam radius tertentu dan juga memudahkan untuk akses control pekerjaan. Metode remote access itu biasanya digunakan oleh perusahaan, dan metodenya adalah:

Baca juga: Ini Dia Makanan Penambah Energi Dikala Masih WFH

Melalui software

Software remote access adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol dan mengakses komputer lain dari jarak jauh dengan terhubung ke sebuah VPN. Dengan memakai aplikasi remote desktop, kamu bisa mengendalikan komputer yang sedang terhubung dengan kamu tanpa harus bertemu secara langsung. Untuk melakukan remote access melalui software, kamu perlu mengunduh perangkat lunaknya terlebih dahulu. Ada banyak pilihan software yang kini tersedia di internet. Setelah install, lakukan registrasi akun seperti biasa. Pastikan bahwa komputer yang akan kamu hubungkan juga telah install software yang sama pada perangkatnya.

Memakai hardware

Remote access juga bisa diimplementasikan dengan memasangkan kabel LAN dari perangkat pusat atau server ke komputer pengguna. Dengan menghubungkan laptop melalui kabel, kamu dapat mengakses file yang ada di dalam database. Namun sayangnya untuk metode ini, kamu perlu berada di dalam satu area yang sama misalkan di dalam satu gedung yang sama. Jika dibandingkan dengan software atau jaringan internet, remote access menggunakan hardware dikenal cukup cepat karena tidak terlalu banyak bergantung pada banyak gangguan.

Baca juga: 3 Tips WFH Bersama Teman Kost

Menggunakan jaringan internet

Sistem remote access menggunakan internet merupakan salah metode yang fleksibel untuk diterapkan dalam satu bangunan. Berbeda dengan poin sebelumnya dimana pengguna wajib mengatur instalasi kabel LAN yang membutuhkan budget besar, remote access dengan internet tidak memerlukan kabel karena dapat diakses secara nirkabel.

Sekian artikel tentang metode reomet access yang digunakan perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Desain Ruang Kerja untuk WFH


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar