4 Tanggung Jawab dari Purchasing Staff
Siker.id | 26 Apr 2022 07:00


Bagikan ke
Tugas purchasing staff (siker)

siker.id - Secara pengertian Purchasing Staff adalah pegawai yang berperan untuk membeli bahan baku atau barang yang akan diolah menjadi produk bernilai jual atau bernilai ekonomi. Definisi umum Purchasing Staff adalah karyawan yang ditunjuk untuk membeli barang atau bahan baku dari supplier/pemasok yang akan mendukung operasional perusahaan dan menghasilkan keuntungan ekonomi. Pastinya perusahaan harus memiliki purchasing staff dalam rangka membantu pembelian bahan yang digunakan untuk kebutuhan perusahaan. Lalu apa saja tanggung jawab seorang purchasing staff itu? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Mengapa Divisi Purchasing Penting Dalam Perusahaan?

Menangani pembelian kebutuhan perusahaan

Tanggung jawab Purchasing Staff adalah membuat rencana pembelian barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan. Misalnya, kebutuhan bulanan, atau kebutuhan insidentil, seperti membeli laptop/komputer baru, membeli mesin peralatan, pembelian bahan baku, dll.

Memantau kondisi barang atau bahan baku yang dibeli

Setelah itu, Purchasing Staff perlu memeriksa kembali kondisi barang yang dipesan. Apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang dipesan? Apakah ada keterlambatan? Apakah sesuai dengan harga yang disepakati? Serta kriteria lainnya. Tugas Purchasing Staff adalah memastikan kualitas barang, ketepatan waktu pengiriman, harga barang yang dipesan, semua sudah memenuhi kebutuhan perusahaan.

Baca juga: 3 Pekerjaan Sampingan Paling Laris

Melakukan pencatatan faktur/PO (purchasing order)

Salah satu tanggung jawab Purchasing Staff adalah membuat dokumentasi atau pencatatan faktur purchasing order. Terutama, berkaitan dengan divisi akuntansi dan keuangan.

Mengajukan approval PO pada perusahaan

Setelah membuat berkas PO, tanggung jawab selanjutnya dari Purchasing Staff adalah meminta approval atau persetujuan kepada divisi keuangan. Jika disetujui, baru dilanjutkan pada proses pemesanan ke pihak supplier.

Sekian artikel tentang tanggung jawab dari pekerjaan purchasing staff. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Jenis Pekerjaan Hasilkan Barang, Jasa dan Bisnis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar