Ketahui 5 Strategi Ini Buat Karyawan Jujur
Siker.id | 26 Apr 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Di dunia kerja, kejujuran adalah hal yang sangat penting dan juga dibutuhkan karena karyawan yang jujur merupakan karyawan yang di inginkan setiap perusahaan. Semua karyawan mungkin bisa bekerja dengan baik, namun tidak semua orang dapat berlaku jujur.

Berikut ini akan membahas bagaimana strategi membuat karyawan menjadi jujur, simak ulasan dibawah ini.

Baca juga : 3 Strategi Jitu dalam Proses Perekrutan Karyawan

1. Melakukan interview

Dalam proses interview ini, pastikan bahwa perusahaan bisa memperoleh segala informasi mengenai pegawai yang akan diterima. Sebab, siapa yang akan bergabung ke dalam tim perusahaan pada akhirnya akan turut berpengaruh pada kinerja perusahaan.

Oleh karena itu berikan pertanyaan yang tepat pada para calon karyawan. Di samping itu, perhatikan bagaimana calon karyawan berbicara dan menjawab setiap pertanyaan dalam proses interview.

2. Informasi mengenai test

Tes yang dilakukan di suatu perusahaan mungkin bisa juga disebut dengan istilah lainnya, misalnya assessment atau sejenisnya. Tes ini umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja dan prestasi karyawan.

Umumnya karyawan akan mempersiapkan diri secara lebih baik jika tahu bahwa akan diadakan test, maka karyawan akan selalu memperbaiki karakter dirinya salah satunya adalah dengan mengembangkan sikap jujur.

Baca juga : 5 Ciri-Ciri Karyawan Yang Melakukan FRAUD

3. Perjanjian secara tertulis

Sebuah perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak umumnya diungkapkan dalam bentuk tulisan. Perjanjian secara tertulis bisa menjadi suatu sarana bagi perusahaan untuk membuat karyawan agar bisa berlaku dan bersikap jujur.

Sebab, sebisa mungkin karyawan akan berusaha untuk selalu menepati apa yang telah menjadi kesepakatan antara dirinya dan perusahaan. Terlebih lagi jika kesepakatan tersebut dinyatakan dalam bentuk tulisan dan ditandatangani secara langsung oleh dirinya di atas materai.

4. Pemberian punishment 

Punishment atau hukuman umumnya diberikan pada karyawan yang telah melakukan pelanggaran. Dengan adanya punishment atau hukuman ini maka karyawan akan menjadi lebih waspada. Kinerjanya akan diupayakan semaksimal mungkin agar bisa berjalan sesuai dengan harapan perusahaan.

Sebisa mungkin karyawan akan selalu berusaha untuk bertindak sesuai dengan aturan. Termasuk pula sikap jujur yang tentunya akan selalu dikembangkan oleh karyawan agar terhindar dari berbagai kesalahan. 

5. Adanya reward 

Tidak ada salahnya bagi sebuah perusahaan untuk memberikan reward bagi setiap karyawan yang memang telah bekerja dengan baik. Karyawan yang berprestasi dan telah memberikan kontribusi bagi perusahaan boleh saja diberi reward oleh perusahaan. Termasuk pula karyawan yang selama ini telah bekerja dengan jujur dan dengan disertai karakter baik lainnya. Hal ini akan memotivasi karyawan secara lebih lagi.

Demikian artikel ini membahas tentang strategi agar membuat karyawan di perusahaan anda menjadi karyawan yang jujur, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 9 Fasilitas Untuk Karyawan Yang Wajib Selain Gaji


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar