3 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Developer
Siker.id | 25 Apr 2022 20:30


Bagikan ke
Skill seorang developer (siker)

siker.id - Developer atau pengembang dalam bidang teknologi informasi merupakan seseorang yang membantu dan membuat perangkat lunak dan aplikasi. Secara praktik, seorang developer menulis dan mengeksekusi kode sumber perangkat lunak atau aplikasi. Basis dasar seorang developer adalah insinyur komputer atau pemrograman dengan keahlian pemrograman komputer dan pengkodean. Beberapa developer lainnya ada pula yang bekerja di bidang jaringan besar perusahaan atau sistem dasar untuk memberi sumber daya pada sistem teknologi informasi internal suatu organisasi. Developer yang fokus pada hal semacam ranah itu disebut system software developer. Lalu apa saja kemampuan yang harus dimiliki seorang developer dalam bekerja? Berikut penjelasannya!

Baca juga: 4 Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Memiliki kemampuan dalam pengkodean

Keahlian wajib bagi seorang programmer maupun developer pada dasarnya adalah kemampuan mumpuni dalam coding. Kemampuan ini bisa dimulai dari penguasaan bahasa-bahasa pemrograman umum dan khusus sesuai fokus pekerjaan seorang developer. Meskipun penguasaan satu bahasa pemrograman sudah bisa membuat kita menjadi seorang developer, tetapi akan lebih baik jika seorang developer mampu membekali dirinya dengan berbagai bahasa pemrograman untuk meningkatkan peluang.

Meningkatkan kemampuan non-teknis atau soft skills

Pada dasarnya, pekerjaan sebagai developer amat terbuka terhadap kerja tim. Oleh karena itu, kita tidak bisa terpaku pada kemampuan teknis semata. Seorang developer harus memiliki keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan juga kerja sama. Tiga hal ini termasuk soft skills yang umum dimiliki seorang developer saat bekerja dalam tim maupun untuk menjelaskan pekerjaannya pada klien.

Baca juga: Berikut 4 Jenis Pelatihan Skill Karyawan

Kemampuan analitis dan strategis

Selain kemampuan non-teknis, seorang developer diharuskan memiliki kemampuan individu dalam analisis dan perumusan solusi strategis atas suatu permasalahan. Pekerjaan dalam bidang pengkodean membuat developer secara umum bermain dengan pemecahan masalah dan usaha untuk menemukan jalan keluar. Hal ini membuat seorang developer harus memiliki perencanaan matang untuk menghasilkan suatu aplikasi maupun perangkat lunak yang efisien.

Sekian artikel tentang kemampuan yang harus dimiliki developer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Skill yang Harus Dikuasai Fashion Designer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar