4 Tugas Utama Seorang Montir
Siker.id | 25 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
Tugas montir (siker)

siker.id - Saat kamu pergi ke bengkel, kamu pasti kerap mendengar istilah montir dan mekanik. Dua pekerjaan tersebut memang erat hubungannya dengan kendaraan, terutama pada bagian perbaikan mesin. Ketika ada kendaraan yang mesinnya bermasalah atau rusak, maka akan ada montir atau mekanik yang turun tangan memperbaiki. Banyak orang yang mengira bahwa montir hanya memperbaiki motor atau mobil yang rusak, atau sekedar tune up kendaraan yang telah dipergunakan dengan jarak tertentu. Namun, tugas seorang montir jauh lebih dari yang disebutkan. Berikut beberapa tugas montir yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Tips Healing Sederhana Dari Pekerjaan Saat Weekend

Mendiagnosis kerusakan

Seorang montir yang profesional akan memulai pekerjaannya dengan bertanya tentang keluhan yang ada pada kendaraanmu. Hal ini bisa dari AC yang kurang panas, mesin mobil yang bersuara, atau lampu tanda mesin yang menyala pada dashboard mobil. Kemudian, seorang montir yang telah berpengalaman akan mencoba mendiagnosis kerusakan sehingga kendaraan tidak perlu sepenuhnya dibongkar, melainkan cukup pada bagian-bagian yang dirasa perlu untuk dicek.

Menginformasikan kondisi kendaraan pada perusahaan dan konsumen

Sebelum melakukan perbaikan tertentu, beberapa bengkel mengharuskan seorang montir untuk mengonfirmasi pengerjaan kepada perusahaan dan konsumen agar dicapai kesepakatan dan tidak ada masalah. Informasi pada perusahaan dapat berupa pemesanan spare part yang dibutuhkan. Sementara itu, informasi pada konsumen dapat berupa waktu pengerjaan, sampai dengan informasi ketersedian barang dan kisaran harga yang dibutuhkan.

Mengedukasi penggunaan

Beda pengguna, beda pula cara penggunaan. Setelah final check selesai dan kendaraan mendapatkan kondisi yang baik, seorang montir akan mengembalikan kendaraan beserta kunci, serta tips dan trik penggunaan serta perawatan selama kendaraan digunakan. Mereka juga perlu menginformasikan estimasi servis berkala berikutnya agar kendaraan selalu dalam kondisi prima.

Baca juga: Jenis Pekerjaan Yang Cocok Untukmu Menurut Zodiak

Melakukan perbaikan

Setelah melakukan pembongkaran bagian-bagian yang bermasalah, seorang montir akan melakukan pengecekan pada spare part yang digunakan. Apabila ada kerusakan dan membutuhkan perbaikan, pemilik kendaraan akan diinfokan terlebih dahulu, terutama bila perbaikan ini memakan biaya yang tidak sedikit. Terkadang, perbaikan sudah tidak bisa dilakukan lagi sehingga kamu harus membeli suku cadang yang baru. Pastikan kamu selalu melakukan maintenance secara berkala supaya bisa meminimalisir kejadian seperti ini.

Sekian artikel tentang tugas seorang montir. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Pekerjaan Dengan Tingkat Stres Rendah tapi Bergaji Oke


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar