4 Tugas Seorang Konsultan Pajak
Siker.id | 25 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Tugas konsultan pajak (siker)

siker.id - Siapapun yang mendengar tentang konsultan pajak, pasti langsung paham soal penghitungan keuangan. Pungutan pajak menjadi kewajiban setiap wajib pajak, baik badan usaha maupun perseorangan. Mungkin bagi masyarakat awam, pungutan pajak tidak terlalu memusingkan karena jumlah penghasilan yang dipotong pajak juga tak seberapa. Namun, coba bayangkan jika perusahaan dengan ribuan karyawan harus membayar pajak tepat waktu dan jumlahnya harus akurat. Tentunya, perusahaan membutuhkan tenaga ahli yang teliti dan paham dalam pengelolaan pajak. Di sinilah, peran konsultan pajak dibutuhkan. Berikut tugas dan tanggung jawab konsultan pajak.

Baca juga: 3 Cara Merintis Karir dari Awal

Menyiapkan laporan SPT pajak

Konsultan pajak berperan untuk menyiapkan atau membantu laporan SPT pajak, baik badan usaha maupun wajib pajak perseorangan. Umumnya, konsultan pajak akan memberikan berbagai saran atau strategi agar klien mendapatkan pengurangan pajak. Untuk itu, mereka butuh informasi mengenai peraturan perpajakan. Konsultan pajak profesional mendapatkan strategi untuk mengurangi pajak dengan memanfaatkan diskon pajak atau pengurangan pajak.

Mewawancarai klien

Konsultan pajak mengumpulkan informasi keuangan dan pajak dari klien melalui wawancara. Informasi ini termasuk tentang berapa besaran penghasilan kena pajak, tunjangan penghasilan, dan biaya yang bisa dikurangkan. Konsultan pajak menggunakan informasi ini untuk mempersiapkan pengembalian atau pengurangan pajak klien. Selain itu, konsultan memberikan informasi kepada klien sehingga mereka dapat menyiapkan pengembalian pajak secara mandiri.

Memahami aturan dan regulasi pajak

Kode pajak terkadang berubah sesuai kebijakan pemerintah. Maka itu, konsultan pajak juga berperan untuk terus memperbarui wawasan agar mereka bisa memberikan informasi pajak yang akurat kepada klien. Misalnya, dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan profesional di bidang pajak, bergabung dengan komunitas konsultan pajak, atau menghadiri konferensi perpajakan.

Baca juga: 3 Cara Menemukan Mentor untuk Karir

Menentukan jumlah pajak

Konsultan pajak menggunakan software atau peralatan khusus untuk menentukan jumlah pajak yang harus dibayar oleh klien. Dalam beberapa kasus, konsultan pajak juga menentukan berapa banyak klien yang membayar kelebihan pajak. Jumlah pungutan pajak ini harus dibuat secara rinci dan detail agar semakin akurat. Biasanya, konsultan pajak mengikuti instruksi formulir pajak dan tabel pajak untuk membuat keputusan yang tepat.

Sekian artikel tentang tugas seorang konsultan pajak. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Alat Pendukung Kerja Fotografer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar