4 Tanggung Jawab Utama Seorang Diplomat
Siker.id | 25 Apr 2022 13:00


Bagikan ke
Tanggung jawab utama seorang diplomat (siker)

siker.id - Secara singkat, diplomat adalah orang yang membentuk atau memelihara hubungan internasional. Hal ini berkaitan erat dengan hubungan antar negara di bidang ekonomi, perdagangan, budaya, lingkungan, hak asasi manusia, hingga keamanan dan perdamaian. Selain itu, peran diplomat adalah merundingkan surat perjanjian internasional sebelum disepakati bersama-sama secara resmi oleh politisi kedua pihak. Tanggung jawab lain dari seorang diplomat adalah mengumpulkan informasi yang berpengaruh bagi kepentingan nasional. Untuk menjadi seorang diplomat kamu perlu tahu apa saja tugas-tugas yang diemban seorang diplomat nantinya. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Alasan Harus Berpindah Jalur Karir

Mempromosikan wisata atau kebudayaan negaranya

Sebagai salah satu duta bangsa, peran diplomat adalah memperkenalkan negaranya di luar negeri. Termasuk dalam hal pariwisata, kebudayaan, serta perekonomian Indonesia. Sehingga, jalinan persahabatan antar negara semakin meningkat.

Melindungi nama baik bangsa

Sebagai duta negara, peran lainnya dari diplomat adalah melindungi nama baik dan kepentingan negara. Bila negara telah menyatakan sikap dan kepentingannya, maka diplomat harus berusaha untuk memprioritaskannya agar bisa terwujud.

Baca juga: 3 Tips Memulai Karir Sebagai Selebgram

Membuat laporan

Tak kalah penting, tugas seorang diplomat selanjutnya adalah melaporkan tugas-tugas kepada pemerintah negaranya. Dari laporan tersebut, pemerintah akan memiliki pertimbangan dan kebijakan terkait peristiwa-peristiwa di negara tempatnya bertugas.

Melakukan negosiasi

Bagaimana bila terjadi sengketa atau masalah antar negara? Di sini, seorang diplomat ikut berperan. Ia bertugas untuk melakukan negosiasi atau perundingan untuk menemukan solusi dan kesepakatan bersama.

Sekian artikel tentang tugas seorang diplomat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Alasan Jangan Memikirkan Gaji Dalam Meniti Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar