4 Tanggung Jawab Seorang Sekretaris
Siker.id | 25 Apr 2022 11:30


Bagikan ke
Tanggung jawab sekretaris (siker)

siker.id - Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan profesi sekretaris. Mulai dari lingkup kecil seperti kelas di sekolah sampai dengan skala besar perusahaan, sekretaris adalah salah satu profesi yang bisa dikatakan memiliki peranan penting. Sekretaris adalah seseorang yang membantu kelancaran sebuah bisnis atau organisasi. Bisa disimpulkan bahwa sekretaris adalah seseorang yang memiliki peranan sangat penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Bahkan mereka juga dituntut untuk loyal pada perusahaan karena memegang banyak “kunci” dari sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa tanggung jawab seorang sekretaris.

Baca juga: 3 Pekerjaan Sampingan Paling Laris

Menyambut para tamu dan mengarahkan mereka ke bagian yang dituju

Sekretaris akan membimbing dan mengarahkan setiap tamu yang datang ke sebuah perusahaan. Biasanya sekretaris juga sudah mengatur jadwal kedua belah pihak dalam sebuah rapat.

Membuat serta mencatat hasil rapat

Dalam sebuah rapat, biasanya sekretaris akan hadir untuk membuat MoM (Moments of Meeting) yang berisi mengenai poin-poin yang disampaikan. Tak hanya itu, biasanya sekretaris juga diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam sebuah rapat sekaligus mengatur kelancaran sebuah rapat.

Berkomunikasi dengan berbagai pihak

Secara tidak langsung, sekretaris bisa dikatakan salah satu perwakilan dari sebuah perusahaan. Sekretaris akan selalu berkomunikasi dengan berbagai pihak yang dibutuhkan perusahaan, baik dengan karyawan, petinggi perusahaan, dan pihak eksternal yang bekerja sama dengan perusahaan.

Baca juga: 4 Jenis Pekerjaan Hasilkan Barang, Jasa dan Bisnis

Menjawab telepon dan merespon email yang masuk

Pada umumnya, sebuah perusahaan atau organisasi memiliki kontak resmi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan publik. Email yang masuk biasanya akan direspon oleh sekretaris kantor. Tak hanya itu, panggilan yang masuk melalui telepon juga biasanya akan direspon langsung oleh sekretaris.

Sekian artikel tentang tugas seorang sekretaris. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Pekerjaan Unik ini Cuma Ada di Indonesia


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar