8 Alasan Mengapa Orang Ingin Menjadi PNS
Siker.id | 25 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang bukan hal yang mudah untuk masuk atau lolos dari tes nya. Namun, banyak orang yang ingin menjadi pegawai negeri dan berburu informasi apabila kesempatan lowongan kerja tersebut dibuka.

Ada pun beberapa alasan yang mendasari mengapa banyak orang ingin menjadi PNS dibawah ini.

Baca juga : 3 Manfaat Menyalurkan Hobi untuk Kemajuan Karir

1. Kepastian Gaji Setiap Bulan

Dengan menjadi seorang ASN atau PNS maka ada kepastian menerima gaji setiap bulannya dari pemerintah, sehingga perencanaan keuangan tentunya akan lebih mudah. Kepastian mendapatkan gaji setiap bulan tentu menjadi salah satu faktor dominan dalam menentukan pekerjaan. Sebagai seorang pencari kerja menjadi Pegawai Negeri tentu bukan perkara mudah tetapi tentu sebanding dengan hasilnya.

2. Kenaikan Gaji Setiap Tahun

Ketertarikan lainnya untuk dapat menjadi seorang apartaur sipil negara tentu peluang kenaikan gaji setiap tahunnya. Setiap tahun terjadi inflasi, namun jangan khawatir dengan menjadi PNS, gaji Anda juga naik setiap tahunnya.

3. Gaji ke-13

Mendapatkan Gaji ke-13 adalah sebuah reward bagi setiap PNS yang diberikan sekali setiap tahunnya. Besarnya sama dengan gaji setiap bulan. Ini tentu dapat menjadi magnet tersendiri bagi para pencari kerja.

4. Tunjangan Anak, Istri, Beras, Uang Makan, dll

Selain gaji, PNS juga mendapatkan tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan beras, serta mendapatkan uang makan, dsb. Sebagian kementerian dan lembaga juga telah menerapkan tunjangan remunerasi yang justru lebih besar daripada gaji bulanan.

Bukan hanya karyawan swasta yang mendapatkan uang makan. PNS juga mendapatkan berkah yang satu ini. Uang makan dibayarkan apabila Anda masuk kerja. Besarnya bervariasi tiap golongan/pangkat PNS.

Baca juga : 3 Plus Minus Menjadi Call Center

5. Pensiun/Hari Tua

Bagi sebagian orang memastikan bisa survive ketika masa pensiun datang itu penting. Dengan menjadi PNS, maka tidak ada kekhawatiran tidak mendapatkan asupan finansial setiap bulannya ketika masa pensiun. Bahkan, selain gaji pensiun juga akan mendapatkan tabungan pensiun (taspen).

6. Asuransi Kesehatan

Kita tidak tahu kapan akan sakit. Oleh sebab itu, asuransi kesehatan (askes) ada. Dengan askes berobat menjadi ringan bahkan gratis. Nah, setiap PNS akan dibekali askes termasuk untuk istri dan anak-anaknya.

7. Jenjang Karir

Jenjang karir PNS itu jelas. Ada golongan dan kepangkatan. Setiap golongan dan pangkat memiliki tingkatan gaji dan tunjangan yang berbeda.

8. Kemudahan Kredit di Bank

Mau kredit rumah, mobil, uang tunai atau apa saja bisa dipermudah, bahkan Anda akan sering ditawari bank untuk ambil pinjaman atau kredit dari produk mereka juga.

Demikian alasan mengapa orang ingin menjadi PNS. Sekian, jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian