icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja
Siker.id | 22 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
Terhindar dari penipuan loker (siker)

siker.id - Mendapatkan pekerjaan impian memang butuh perjuangan. Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai persyaratannya. Tapi, di saat para job seeker lagi susah payah cari lowongan sana-sini, ada saja pelaku kejahatan penipuan yang menyebarkan berita lowongan kerja bodong yang menyesatkan. Jangan mudah tergiur guys! Sebagai pelamar, kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih perusahaan. Agar kamu terhindar dari para penjahat-penjahat itu, langsung saja simak tips bedakan panggilan interview yang asli atau palsu berikut ini.

Baca juga: Berikut 3 Ciri Lowongan Kerja Palsu

Perhatikan media yang digunakan

Saat kamu mendapatkan lowongan pekerjaan perhatikan lowongan tersebut tersebar melalui apa ya guys. Apakah lewat media sosial, website, atau WhatsApp. Coba kamu cek dahulu laman dari media tersebut. Apakah mencurigakan? Misalnya saja di Instagram perusahaan tersebut ternyata followers atau following-nya terindikasi robot. Laman website yang tidak jelas, tidak menggunakan “https” yang artinya secured website atau domainnya “.xyz”, dan lain sebagainya. Harus hati-hati ya.

Cari sumber lowongan kerja terpercaya

Kamu bisa mengecek di kanal sumber lowongan kerja terpercaya agar kamu bisa merasa aman dan nyaman saat mencari pekerjaan. Jadi, kamu bisa fokus untuk menggunakan waktu dan energimu untuk mendaftar pada posisi dan industri yang kamu senangi. Nah, kamu bisa kunjungi situs Jobstreet untuk menemukan lowongan kerja terpercaya untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Mungkin bisa mempersingkat waktu kamu untuk mencari tahu perusahaan tersebut.

Baca juga: Jangan Tertipu Ini Ciri Lowongan Kerja Palsu

Gali informasi tentang perusahaannya

Menggali tentang perusahaannya lebih dalam juga boleh banget! Ini salah satu cara untuk benar-benar mengetahui bahwa lowongan tersebut benar atau scam (penipuan). Coba lihat profilnya di website, media sosial, alamat, pendirinya, dan sebagainya. Kamu juga bisa melihat kredibilitas perusahaan itu di situs Kementerian Ketenagakerjaan lho. Kalau sudah terdaftar kemungkinan besar berarti terpercaya. Tapi ingat kamu harus pastikan terlebih dahulu semuanya sebelum mendaftar.

Sekian artikel tentang tips terhindar dari penipuan lowongan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Strategi Jitu Mencari Lowongan Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar